Gawat...Warga Buang Sampah Sembarangan Ditepi Jalan Sumarsono


SUARA DESA | Helvetia -

Perilaku membuang sampah sembarangan menjadi keprihatian yang cukup mendalam bagi banyak pihak. Mirisnya sampah dibuang warga ditepi Jalan Sumarsono Dusun XI Desa Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang.

Peristiwa ini pun tertangkap kamera awak media Suara Desa yang sedang melintas diwilayah tersebut, Minggu 17/11/2019. 

Meski pun terpantau kamera wartawan, warga tidak peduli dan tetap menurunkan sampah yang diangkut dengan becak. Kenyataan itu menunjukkan bagaimana kita belum menjadi masyarakat yang beradab dan mengerti bagaimana hidup secara bersih. 

Menurut Pimpinan media Suara Desa, Andiko Yuda Sastrawan, menjatuhkan sampah adalah jenis perilaku anti sosial yang egois dan merusak lingkungan untuk semua orang. 

Tiap daerah di negeri ini memiliki peraturan atau Perda yang mengatur larangan membuang sampah sembarangan yang disertai ancaman hukuman denda atau kurungan jika kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya. 

Namun peraturan tinggal peraturan, sehingga sebagian orang masih merasa aman jika membuang sampah sembarangan. Kebiasaan ini bagi sebagian warga membuat kesal dan jengkel karena lingkungannya menjadi kotor dan tidak enak dipandang mata. 

Sampah menumpuk, lalat berterbangan sehingga menimbulkan bau tidak sedap yang dapat mengancam kesehatan warga sekitar. Apalagi tidak jauh dari lokasi tersebut terdapat sekolah dan rumah ibadah. 

Hal ini akan saya laporkan kepada Kepala Dusun XI Ahmad Jauhari Nasution ST, demi terciptanya Dusun yang Bersih, Nyaman, Indah dan Rapi, ucap Diko.

Sementara, Kepala Dusun XI Ahmad Jauhari Nasution ST, yang mendapat laporan dari warganya langsung murka dan mengatakan akan menindak warga yang dengan sengaja membuang atau menumpuk sampah dilokasi tersebut.

Editor : Sapta

No comments

Powered by Blogger.