Kemenag Kabupaten Serdang Bedagai Telah Mendistribusikan 200 Kartu Nikah


SUARA DESA | Sergai -

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) telah mendistribusikan sebanyak 200 Kartu Nikah kepada Warga se-Kabupaten Serdang Bedagai yang sudah berlangsungkan pernikahan.

"Kartu nikah ini baru launching bulan Oktober 2019 kemarin di Sergai. Hingga sekarang sekitar 200 diluncurkan yang tersebar di kecamatan se-Sergai, karena ini berdesarkan permintaan Kantor Urusan Agama (KUA) setempat,"kata Kasi Bimas Islam, H Masjuki, S.Pd.I diruang kerjanya, Rabu (20/11) pagi.

Dijelaskannya, hal itu diawali calon pasangan pengantin mendaftar ke kantor KUA, maka dalam 14 hari akan diproses dan diumumkan bahwa bisa diberlangsungkan proses pernikahan tersebut. 

Intinya kartu nikah dan buku nikah memiliki fungsi yang sama, tapi kartu nikah tidak akan menggantikan posisi dari buku nikah yang dinilai lebih resmi dan penting.

"Kalau berkas sudah lengkap akan dimasukan dan terekam ke SIMKAH (Sistem Informasi Manajemen Nikah) dan diprint buku nikah secara otomatis tercetak juga Kartu nikah karena sistemnya online,"ungkap Masjuki.

Ditambahkan Kasi Bimas Kemenag Sergai, bagi kamu yang sudah menikah boleh langsung membuat  kartu nikah dengan langsung mendatangi KUA tempat kamu dan pasangan mendapatkan buku nikah. Jangan lupa untuk membawa serta buku nikah sebagai persyaratan untuk memiliki kartu nikah ini.

Pendistribusian kartu nikah akan dilakukan bersamaan dengan buku nikah secara gratis dan bertahap. Kartu nikah disertai foto sendiri dan pasangan, disertai sebuah QR code yang jika di scan akan memunculkan informasi lengkap tentang status pernikahan, nama lengkap sendiri beserta pasangan dan tanggal pernikahan.

"Kartu nikah ini dilengkapi barcode berisikan data pasangan pengantin tersebut. Hal ini juga mempermudah dan praktis sehingga dapat dibawa kemana-mana,"pungkasnya. (Ariadi)

No comments

Powered by Blogger.