Manfaat Biji Buah Mangga Bagi Kesehatan

SUARA DESA | Medan -

Manfaat biji buah mangga bagi kesehatan memang masih jarang diketahui. Masyarakat baru mengetahui yang bermanfaat bagi tubuh adalah buahnya. Buah mangga adalah buah tropis yang banyak disukai. 

Buah dengan warna kuning kehijauan ini biasa dikonsumsi dengan berbagai olahan, seperti rujak mangga muda, dan jus mangga. Namun tahukah kamu sisi unik dari buah mangga ini? Yaitu pada bijinya yang bisa juga dikonsumsi.

Biji buah mangga yang selalu dibuang ketika selesai memakan daging buahnya ternyata kaya manfaat bagi tubuh. Manfaat biji buah mangga mengandung vitamin dan kaya mineral.

Di Boyolali, biji buah mangga sudah banyak dimanfaatkan warga sekitar sebagai penghasil produk layak jual, antara lain sabun mandi alami, tepung dari biji mangga, dan minyak. 

Seperti biji pada biji-bijian lainnya seperti kedelai, kacang tanah, manfaat biji buah mangga merupakan sumber perolehan minyak nabati yang dapat diekstraksi.

Biji buah mangga terdiri dari lapisan keras yang menutupi kernel. Kernel biji mangga mengandung minyak, protein, abu, serat, karbohidrat, fosfor, magnesium, natrium, dan kalsium didalamnya. 

Manfaat biji buah mangga juga memiliki senyawa bioaktif, fenolik, asam lemak tak jenuh, dan juga antioksidan. Perlu diketahui, biji mangga hanya bisa dikonsumsi ketika sudah matang, dan cara pengolahannya yakni dijadikan bentuk bubuk, mentega, ataupun minyak.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari biji buah mangga. Berikut dirangkum dari berbagai sumber, Senin (11/11/2019) manfaat biji buah mangga bagi kesehatan.

1. Mengontrol Diabetes

Sebuah penelitian mencatat, ekstrak etanol biji mangga menunjukkan sifat anti-diabetik yang efektif dalam mengendalikan diabetes. Sifat tersebut akan mengurangi kadar gula darah dengan sangat signifikan. 

Mengonsumsi ekstrak biji mangga sangat disarankan bagi penderita diabetes, dan bagi Anda yang memiliki risiko terkena penyakit diabetes. Biji buah mangga akan sangat bermanfaat untuk Anda.

2. Menurunkan Peradangan

International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research mengatakan, senyawa fenolik dalam biji buah mangga dapat menjaga aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi. 

Sifat anti-inflamasi ini membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan encok, sistem pencernaan, dan penyakit kronis lainnya.

3. Mengurangi Risiko Diare

Di India, biji mangga telah digunakan khasiatnya sebagai penangkal diare. Sebuah studi yang dikemukakan dalam Journal of Ethnopharmacology, mengatakan bahwa ekstrak biji mangga menunjukkan sifat anti-mikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus aereus. 

Bakteri itu merupakan salah satu bakteri patogen yang dapat menyebabkan beragam penyakit. Sebenarnya kehadiran bakteri ini tidak berbahaya, akan tetapi tetap memilik risiko.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ekstrak biji buah mangga meningkatkan toleransi glukosa dan juga profil lipid, serta dapat mengurangi obesitas. 

Asupan ekstrak biji buah mangga dapat membantu Anda yan memiliki berat badan berlebih. Manfaat biji buah mangga juga dapat menurunkan kadar kolestrol pada tubuh.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Dengan padatnya antioksidan tinggi yang terkandung dalam biji buah mangga, membuatnya dapat memperbaiki kesehatan dan penampilan kulit Anda. 

Manfaat biji mangga ini juga dapat menunda penuaan, mengurangi bekas jerawat, bintik-bintik penuaan, dan kerutan pada wajah. Terutama jika digunakan dalam bentuk bubuk.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Salah satu manfaat biji buah mangga adalah dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe, serta mengendalikan uban yang keluar terlalu dini. 

Mentega biji mangga sangat bagus digunakan untuk memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut dari kerontokaan.

7. Mencegah Kanker

Manfaat biji buah mangga memiliki antioksidan, fitokimia, dan asam galat. Penelitian yang dilakukan menunjukkan efek antipoliferatif dari ekstrak etanol biji mangga pada sel kanker, dan hasilnya positif dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita. 

Oleh karena itu, ternyata mangga tidak hanya dapat dimakan buahnya saja, namun biji dari buah mangga juga dapat dikonsumsi dan banyak manfaatnya bagi kesehatan Anda.

8. Menurunkan Kolestrol

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Pertanian dan Kimia Pangan, manfaat biji mangga memiliki kemampuan ampuh untuk menurunkan kadar kolestrol LDL dan menstabilkan kadar kolestrol secara keseluruhan. Ini disebabkan karena adanya aktivitas antioksidan polifenol tinggi dalam biji buah mangga.

9. Menurunkan Risiko Penyakit Cacing Hati

Sebuah penelitian mencatat, dengan mengonsumsi ekstrak biji buah mangga dapat berpengaruh pada jumlah kematian cacing hati. Manfaat biji buah mangga mengandung senyawa tanin, saponin dan flavonoid yang bersifat antihelmitik pada cacing hati.

Pengamatan dilakukan terhadap jumlah kematian cacing setiap kelompok. Perlakuan dengan memberikan cacing serbuk biji buah mangga mendapat hasil rata-rata kematian cacing sebesar 98,44 persen daripada cacing yang tidak diberikan serbuk biji mangga.


No comments

Powered by Blogger.