Tak Kunjung Diperhatikan, Warga Dusun XI Blokir Jalan Karet


SUARA DESA | Helvetia -

Kerusakan Jalan Karet Dusun XI, Desa Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, yang tak kunjung diperbaiki membuat kesal warga. Sebagai bentuk protes, warga memblokir jalan tersebut dengan batang pohon, Jumat 8/11/2019.

Pantauan  media Suara Desa, jalan dipenuhi lubang dan bergelombang, permukaan aspalnya juga sudah tidak tampak lagi. Ketika hujan lubang dibadan jalan digenangi air sedangkan ketika kemarau jalan berdebu.

Warga mengatakan, jika rusaknya jalan tersebut sudah lima tahun lebih dan tidak ada perhatian dari pemerintah. Menurut dia, aksi memprotes jalan rusak ini bukan kali pertama dilakukan.

Menurut warga, kerusakan banyak penyebabnya, mulai dari kurangnya perawatan kemudian tidak tersentuh perbaikan sama sekali serta banyaknya kendaraan besar milik para pengusaha yang melintas. 

"Dan yang menjadi penyebab utamanya kemungkinan banyaknya kendaraan pabrik berukuran besar yang bermuatan diluar kapasitas sehingga jalan tidak mampu menahan beban muatan," bebernya.

Kepala Dusun (Kadus) XI Ahmad Jauhari Nasution ST ketika dikonfirmasi awak media membenarkan hal tersebut. Menurut Kadus yang akrab disapa pak Adek ini mengatakan, dana desa tidak dapat menyentuh jalan ini, sebab terkait status tanah Eks HGU PTPN II. 

Namun yang bisa dilakukan adalah melalui pihak ketiga yaitu para pengusaha yang kerap melalui jalan ini. Kita berharap para pengusaha di Dusun XI memperhatikan jalan, ucapnya.

Pak Adek juga mengatakan jika dia akan segera melayangkan surat kepada para pengusaha untuk duduk bersama guna mencari solusi demi kebaikan bersama, tandasnya.

Reporter : Andi
Editor : Sapta


No comments

Powered by Blogger.