Website Desa Berperan Penting Memajukan Perekonomian Masyarakat



SUARA DESA | Helvetia -

Kini teknologi sebagai media bertukar informasi dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi telah membantu masyarakat dengan berbagai macam kemudahannya.
Pada beberapa kelompok masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi termasuk wilayah pedesaan. Hanya saja, baru sedikit daerah yang menggunakan teknologi.
Sebuah sumber data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengatakan jika penggunaan internet di desa terbilang rendah akan tetapi jika dilakukan sosialisasi pemanfaatan internet dengan baik maka potensi untuk mengembangkan desa dengan teknologi akan meningkat.
Oleh karena itu, penting bagi desa untuk memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan desa mereka. Salah satu langkah dalam memberdayakan aparat desa ialah mengelolah teknologi dengan membangun website desa.
Website desa atau adalah sebuah situs  yang berisikan kumpulan informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, atau video yang dapat diakses melalui jaringan Internet.

Dalam hal ini tujuan akhirnya adalah desa yang lebih transparan dan inovatif, dimana akses masyarakat desa terhadap informasi dan layanan desa dapat lebih mudah diakses dan disampaikan dengan cepat dan tepat. Perlu diketahui sejumlah manfaat yang ditemukan pada Web Desa antara lain: 

1. Mengenalkan profil desa kepada masyarakat dan pengunjung yang menggunakan internet sebagai media informasi. 
2. Pemerintah desa dapat mempromosikan potensi perekonomian desa seperti UKM, Pertanian, Perkebunan, hasil laut, maupun budaya dan tempat wisata. 
3.   Menginformasikan struktur lembaga pemerintah desa seperti BPD, LKMD, PKK. 
4.   Membantu BPS dalam pendataan rumah tangga. 
5.   Publikasi kegiatan desa. 
6.  Aparatur dan lembaga desa. 
7. Info demografis desa.
8.  Populasi dan kependudukan. 
9. Fasilitas, sarana dan prasarana. 
10. Galeri.

Dari penjelasan singkat akan manfaat keberadaan website tidak lain untuk menunjang desa agar berjalan lebih maju dan terdepan. Jika masyarakat membuka situs web, akan terlihat seluruh tampilan utama yang berisikan fitur dan informasi didalamnya.
Di beranda, masyarakat dapat melihat berita-berita terbaru di desa disertakan foto terbaru.Secara umum setiap situs informasi berbasis web selalu menampilkan profil pengguna. 
Untuk Web Desa informasi yang dihadirkan berupa sejarah desa, visi misi, peta wilayah, profil ekonomi hingga asset yang dimiliki desa tersebut.Untuk mengoptimalkan kerja website maka diperlukan SDM yang saling bersinergi antara satu dengan lainnya. 
Edukasi dan informasi merupakan bagian dari gerakan pemerintah untuk desa.Desa akan mudah berkembang jika penduduknya melakukan perubahan. Ayo kita wujudkan cita-cita desa yang kreatif, inovatif, dan transparan.

Penulis : Andiko Yuda Sastrawan

No comments

Powered by Blogger.