Banjir Bandang Terjang Desa Pematang

SUARA | Labura -

Desa Pematang Dusun Siria Ria, Kecamatan Na IX-X,  Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura), diterjang banjir bandang, Minggu (29/12) dini hari.
 
Informasi yang diperoleh bahwa banjir bandang tersebut terjadi karena intensitas hujan deras yang terjadi di wilayah tersebut, sehingga mengakibatkan sungai Lubuk Natiko dan Sungai Siria-Ria meluap dan membawa material kayu dan batu dari arah hulu.
"Peristiwa itu terjadi dini hari tadi sekitar pukul 01.30 WIB," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara, Riadhil A. Lubis, Minggu (29/12/2019).

Riadhil mengungkapkan bahwa mendapat informasi tersebut, tim BPBD dan instansi terkait telah turun ke lapangan untuk melakukan kajian cepat dan pertolongan pertama.

"Untuk data sementara menyebutkan ada tiga rumah hanyut, jembatan penghubung Dusun Padang Nabidang menuju Dusun Siria-ria terputus total, bahkan akses untuk berjalan tidak bisa di tempuh menuju Dusun siria-ria," ungkap Riadhil.

"Petugas juga membutuhkan alat berat untuk membersihkan material batu dan kayu," tambah Riadhil.

Tidak hanya banjir bandang, aliran air dari meluapnya sungai tersebut juga menyebabkan banjir di Kabupaten Labuhan Batu yaitu di Dusun Aek Pala, Desa Janji.

"Sebanyak 11 unit rumah warga terendam air. Saat ini BPBD Kabupaten Labuhan Batu sudah turun ke lapangan untuk membantu warga," tutup Riadhil. (Lensa)

No comments

Powered by Blogger.