Bupati Sergei Jadi Narasumber Seminar Road To Youth Agripreneur Festival 2019

SUARA | Sergai -

Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman menjadi Narasumber Seminar Road to Youth Agripreneur Festival 2019 Menuju Agrosociopreneur Sukses di Era 4.0 yang digelar di aula Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, Kamis (5/12).

Selain Bupati, turut juga hadir Wakil Direktur (Wadir) I Polbangtan Medan Nurliana Harahap SP MSi, Kepala Dinas Pertanian Pertanian Sergai Radianto Panjis SP MMA, Founder Bandung Permaculture Listriana Suherman dan Penyuluh Pertanian Ivan Kurniawan SP.

Wadir I Polbangtan Medan Nurliana Harahap SP MSi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan dan diikuti oleh ratusan mahasiswa dari beberapa Universitas di Medan. 

“Mari kita ikuti dengan baik, sebab narasumber yang dihadirkan  ini merupakan orang-orang yang berkompeten di bidang pertanian dan telah banyak mendapat penghargaan, seperti  halnya Bupati Sergai Ir H Soekirman,” ujarnya.

Sedangkan Bupati Sergai Ir H Soekirman yang juga ketua DPW Perhiptani Sumut dan Ketua Masyarakat Pertanian Organik Indonsia (MAPORINA) untuk Sumut menyampaikan materi yang berjudul Gerakan Peningkatan Pertanian Organik dan permasalahannya di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Di era teknologi informasi ini membuat kita malas untuk menulis dan saat ini segala macam ilmu dapat kita akses melalui telepon genggam kita,” ujarnya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang baru dilantik oleh Presiden Indonesia Ir H Joko Widodo, sebut Soekirman, menginstruksikan untuk membentuk komando strategis Pertanian. 

“Nah, pengetahuan seperti itu dapat kita akses dengan mudah saat ini, seperti hal-nya juga dalam dunia kesehatan dan juga dalam dunia pertanian,” ujarnya.

Bupati juga menghimbau, pada era teknologi informasi saat ini, tidak usah khawatir akan ketinggalan informasi, dalam hal pertanian, jika kita mencari informasi perkembangan teknologi pertanian bisa dengan mudah kita dapatkan.

“Untuk itu, para generasi muda harus menguasai bentuk-bentuk perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, jangan sampai kita ketinggalan perkembangan teknologi terbaru. Dengan pemanfaatan teknologi yang tepat dapat menjadi lahan penghasilan baru bagi kita. Contoh kecil adalah pemanfaatan teknologi sebagai wadah membuka usaha jual beli barang atau jasa,” ujarnya.

Dalam hal ini Bupati menyebut, di kabupaten Sergai tepatnya di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan dan Desa Bulu Duri Kecamatan Sipispis telah mengembangkan wisata desa. Wisata desa yang telah di kembangkan adalah bentuk pertanian yang menghasilkan jasa dengan mengandalkan indahnya lahan pertanian. 

Dengan terjadinya perkembangan ini, tidak hanya menghasilkan produk saja namun juga dapat menghasilkan jasa, yang secara langsung dapat mensejahterakan warga di sekitar dalam waktu sekejap.

Usai menjadi narasumber di Polbangtan Medan, Bupati Sergai Ir H Soekirman melanjutkan menjadi narasumber di Seminar Revolusi Industri 4.0 dan pendidikan pertanian di aula Soeratman Kampus Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU).

Selain Bupati Sergai Ir H Soekirman, turut menjadi narasumber Direktur PPKS Dr Ir HM Edwin Syahputra Lubis, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara Ir Dahler Lubis MMA, Guru Besar Pertanian USU Prof Dr Ir Sharma Bakti, Ir Zulkifli Ikhwan Harahap, serta puluhan mahasiswa dari beberapa universitas di Medan. (Ariadi)

No comments

Powered by Blogger.