Jambore ke 12 Kwarcab Gerakan Pramuka Langkat 2019 Dibuka

SUARA | Stabat -
 
Pendidikan yang terlalu menekankan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, dengan mengabaikan pembentukan watak dan kepribadian adalah menyesatkan.
 
Tegas Bupati Langkat Terbit Rencana PA selaku ketua Majelis Pembimbing Cabang  Langkat, saat memimpin upacara pelantikan pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Langkat pergantian antar waktu dan Saka Bakti Husada serta pengukuhan Camat selaku Kamabiran se Kwarcab Langkat, sekaligus membuka Jambore Cabang Langkat ke 12 tahun 2019, di Lapangan Upacara Bumi Perkemahan Pramuka Kwarcab Langkat, Stabat, Kamis (19/12/2019).

Disinilah peran penting gerakan Pramuka, sebut Bupati, untuk menyelenggarakan pendidikan kaum muda, yang tidak hanya menekankan pentingnya pengusaan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, tetapi juga harus menekankan pentingnya pembentukan iman, taqwa, watak dan kepribadian.
 
Sebab, terang Bupati, tujuan gerakan Pramuka untuk membentuk kaum muda yang beriman, taqwa, berkarakter, serta untuk menanamkan semangat kebangsaan dan meningkatkan keterampilan.
 
Apalagi saat ini, sambung Bupati,  di Indonesia masih tinggi angka putus sekolah, sulitnya mendapatkan pekerjaan, maraknya tindakan kriminalitas yang melibatkan kaum muda, rendahnya rasa hormat kaum muda kepada orang tua dan guru, perubahan gaya hidup dengan prilaku tidak sehat, meningkatnya prilaku merokok pada usia muda, tingginya anak muda yang mengkonsumsi narkoba dan zat adiktif, serta pergaulan bebas.
 
"Maka, saya mengharapkan Kwarcab Langkat dapat membuat gebrakan yang bertujuan menumbuh kembangkan karakter generasi muda Langkat, agar lebih baik,” pungkasnya.
Agar kedepan, masih Bupati,  menjadi generasi bangsa yang bertanggung jawab dan calon pemimpin bangsa yang handal.
 
“Sebab kaum muda merupakan bagian terbesar penduduk Indonesia sekaligus generasi bangsa yang harus diselamatkan dari cengkraman berbagai masalah,” ujarnya.
 
Selanjutnya, Bupati berpesan kepada  adik – adik peserta Jambore dari Penggalang untuk mempersiapkan diri mengikuti Jambore tingkat Daerah Sumut dan Jambore nasional pada 2021 mendatang, dengan selalu menjaga kesehatan dan mematangkan persiapan yang diperlukan.
 
Laporan perwira upacara, disampaikan Sekdakab Langkat dr. H. Indra Salahudin selaku Ketua Kwarcab Langkat, bahwa kegiatan Jambore ini dilaksanakan dari 18 sampai 21 Desember 2019. Diikuti oleh 23 Kecamatan atau Ranting dengan total jumlah peserta 1769 peserta. 
 
Terdiri dari Penggalang putra 690 orang, Penggalang putri 861 orang, pembina pendamping putra 86 orang, pembina pendamping putri 94 orang, pimpinan kontingen putra 22 orang dan pimpinan kontingen putri 16 orang.
 
Pelantikan ditandai  pembacaan naskah tanya jawab pelantikan dan pengukuhan yang dipimpin oleh Bupati. Untuk pembukaan Jambore ditandai dengan pengibaran bendera Pramuka dan penyematan tanda peserta oleh Bupati Langkat kepada perwakilan adik-adik Penggalang.
 
Turut hadir unsur Forkopimda Langkat, para pejabat Pemkab Langkat , keluarga besar Kwarcab Langkat dari Pramuka Andalan, Pelatih, Pamong Saka, Staff Kwartir dan Majelis Pembimbing, serta undangan lainnya. (T.Pasaribu)

 

No comments

Powered by Blogger.