Manfaat Buah Sawo untuk Kecantikan dan Kesehatan

SUARA I Medan -

Manfaat buah sawo dapat dengan mudah dinikmati. Sawo merupakan buah tropis yang tumbuh subur di Indonesia. Buah ini memiliki rasa manis, tekstur kasar, berair, dan kulitnya yang cokelat.

Manfaat buah sawo didapat dari vitamin dan mineral di dalamnya. Buah ini mengandung sejumlah besar vitamin A, B dan C. 

Sawo juga sumber mineral yang baik seperti tembaga, niasin, zat besi, kalsium dan fosfor. Manfaat buah sawo bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat buah sawo tak cuma penting untuk mencegah penyakit. Manfaat buah sawo juga berguna untuk keseahatan kulit dan rambut. 

Manfaat buah sawo yang dikemas dengan vitamin dan mineral penting ini membuat buah ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Berikut manfaat buah sawo yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (22/12/2019).

Cegah penuaan

Antioksidan dalam buah sawo membasmi radikal bebas dari tubuh, menunda proses penuaan. Sawo akan mencegah pembentukan keriput, garis-garis halus, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Membentuk kolagen

Vitamin A dan C dalam buah sawo melembabkan kulit dan mencegah kulit kering dan bersisik. Vitamin ini diperlukan untuk produksi kolagen yang mengencangkan dan mengencangkan kulit. 

Vitamin A dan C mendukung elastisitas dan menciptakan ligamen untuk pemulihan masalah kulit dengan cepat.

Melindungi dari Efek Sunbur

Sawo melindungi kulit dari efek merusak sinar matahari dan polutan. Mengonsumsinya akan mengurangi efek sengatan matahari yang disebabkan oleh paparan sinar UV yang konstan dan mencegah kanker kulit. 

Mengoleskan jus sawo secara topikal pada kulit juga bisa meringankan perubahan warna kulit, bekas jerawat dan bintik-bintik.

Cerahkan kulit

Sawo mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, dan beberapa mineral, yang membantu meningkatkan tekstur dan warna kulit alami. Vitamin E dalam buah ini melembabkan kulit dan memberi rona alami pada wajah.

Membuat Rambut Halus dan Lembut

Konsumsi sawo secara teratur memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut. Ini membuat rambut halus dan lembut, lebih mudah diatur.

Lawan ketombe

Vitamin C dalam sawo melawan bakteri di kulit kepala dan menenangkan kulit. Efek ini mampu menangkal ketombe. Sawo membantu untuk menghilangkan puing-puing folikel dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Dukung pertumbuhan rambut

Sawo sangat berguna untuk membalikkan kelelahan kelenjar adrenal. Efek ini menjaga keseimbangan hormon yang tepat. Mengonsumsi sawo atau mengaplikasikannya secara topikal mendorong pertumbuhan rambut.

Cegah pertumbuhan uban

Sawo meningkatkan sirkulasi darah dan memperbaiki kapiler. Ini bsa mendukung pertumbuhan rambut yang tebal dan kuat. Sawo juga empertahankan warna alami dengan mencegah rambut beruban.

Cegah anemia

Manfaat buah sawo mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia zat besi. Kekuarang zat besi dapat menyebabkan kelelahan dan pusing. 

Mengonsumsi sawo bisa meningkatkan sel darah merah dan menghasilkan kadar hemoglobin yang diperlukan secara efektif.

Sehatkan tekanan darah

Magnesium dalam sawo menjaga pembuluh darah tetap beroperasi, dan kalium mengatur tekanan dan sirkulasi darah. Selain itu sawo dikenal karena sifat hemostatiknya, yaitu menghentikan kehilangan darah.

Baik untuk pengelihatan

Sawo mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A membantu dalam meningkatkan penglihatan di semua umur. 

Konsumsi sawo secara teratur dapat menunda penyakit mata yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula. Manfaat sawo menjadi sumber alami vitamin A yang lebih baik dari suplemen.

Sehatkan tulang

Sawo memiliki jumlah kalsium yang berlimpah yang membantu memperkuat dan meningkatkan kualitas tulang. Jumlah tambahan kalsium, fosfor dan zat besi dibutuhkan oleh tulang untuk meningkatkan daya tahan mereka.

Sawo juga kaya akan zat besi dan fosfor. Mengonsumsi sawo merupakan sumber yang bagus untuk menguatkan tulang. Ini dapat mencegah osteoporosis dan mendukung pertumbuhan tulang pada anak. Sawo juga baik untuk menjaga gigi dari lubang dan kerusakan lainnya.

Cegah peradangan

Sawo memiliki kandungan tanin yang tinggi. Senyawa ini berfungsi sebagai anti-inflamasi alami. Sawo dapat mengurangi peradangan dengan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Vitamin C dalam sawo meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi. Efek ini berguna untuk membersihkan radikal bebas berbahaya.

Mendektoksifikasi tubuh

Manfaat sawo bertindak sebagai diuretik dan dengan demikian membantu menghilangkan bahan limbah dari tubuh. Sawo mencegah edema atau retensi air dengan mempertahankan konsentrasi air di dalam tubuh. 

Selain kaya akan serat makanan, vitamin A dan B, dan C, sawo juga dikemas dengan anti-oksidan.

Bantu Hilangkan stres

Manfaat sawo adalah obat penenang yang sangat efektif yang melemaskan saraf dan mengurangi stres. Sawo memiliki konsentrasi tinggi Vitamin B yang mengurangi stres dan membantu mengatasi kelelahan.

Sifat penenang pada sawao ini efektif mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Sawo juga bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi risiko insomnia.

Baik untuk ibu hamil

Sawo dikemas dengan elektrolit, Vitamin A dan karbohidrat yang baik untuk ibu hamil. Sawo juga bisa membantu mengatasi morning sickness dan pusing.

Sawo juga membantu dalam produksi kolagen dan mencegah gangguan lambung. Serat sehatnya juga membantu mencegah sembelit selama masa kehamilan.

Sumber energi

Sawo kaya akan glukosa yang memberikan energi instan ke tubuh. Fruktosa dan sukrosa membantu memulihkan energi dan merevitalisasi tubuh secara instan. Sawo juga mengandung karbohidrat yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi.

Dukung pencernaan sehat

Vitamin C pada sawo menghancurkan radikal bebas berbahaya sedangkan potasium, zat besi dan folat, niasin dan asam pantotenat memfasilitasi berfungsinya sistem pencernaan dengan baik.

Cegah sembelit

Manfaat sawo menyediakan jumlah serat makanan yang tinggi. Ini bisa menjadi agen pencahar alami yang baik. Kandungan serat mampu melancarkan BAB yang tidak lancar. Ini juga mendukung membran usus besar dan membuatnya tahan terhadap infeksi.

Mengobati gangguan lambung dan usus

Sawo mengandung senyawa khusus yang disebut tanin, polifenol yang terbentuk secara alami yang menetralkan asam dengan mengendapkan protein. Tanin juga memiliki sifat anti-parasit, anti-inflamasi antivirus dan antibakteri. Sifat anti-inflamasi mencegah masalah kesehatan seperti gastritis dan gangguan usus.


No comments

Powered by Blogger.