Manfaat Daun Mint Untuk Kecantikan

SUARA I Medan -

Daun mint dikenal dengan sensasi dingin yang diberikan. Daun ini dapat ditambahkan ke makanan dan minuman dalam bentuk segar dan kering.

Meskipun biasanya tidak dikonsumsi dalam jumlah besar, mint mengandung sejumlah nutrisi yang cukup dan merupakan sumber vitamin A dan antioksidan yang baik.

Selain dikonsumsi, manfaat daun mint juga didapat dengan mengaplikasikannya pada kulit. Penggunaan daun mint pada produk kecantikan memang sudah umum ditemui. Daun mint sering ditemukan dalam pelembab, pembersih, kondisioner, lip balm, dan bahkan sampo.

Daun mint memiliki sifat anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-inflamasi yang kuat. Mengaplikasikannya pada kulit menawarkan manfaat kecantikan yang mengesankan. Daun mint juga mudah didapat, tanaman ini dapat dengan mudah ditanam melalui stek batang.

Anda bisa memanfaatkan sendiri daun mint di kebun dengan menjadikannya masker, scrub, atau mengonsumsinya langsung. Berikut manfaat daun mint untuk kecantikan yang di rangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/12/2019).

Lembabkan kulit

Daun mint selain bersifat dingin, ia juga mampu melembabkan kulit. Jika digunakan dengan kombinasi bahan pelembab alami lainnya seperti susu atau yogurt mint mampu mengunci kelembaban di kulit dengan mengencangkan pori-pori. Daun mint mengatasi kulit kering yang menyebabkan pengelupasan dan gatal.

Mengobati jerawat

Daun mint memiliki sifat antibakteri yang kuat dan mengandung asam salisilat. Kedua bahan ini efektif mencegah dan mengobati jerawat. 

Daun mint juga mengandung vitamin A yang mengontrol sekresi minyak pada orang yang memiliki kulit berminyak dan rawan jerawat. Aplikasi bahan ini mengering dan menghilangkan jerawat saat membersihkan pori-pori kulit.

Kandungan asam salisilat daun mint membantu pergantian sel yang halus. Ini melonggarkan sel-sel kulit mati dan mendukung pertumbuhan sel baru yang sehat.

Mencerahkan kulit

Mint memiliki efek menyegarkan dan menyejukkan pada kulit. Ketika diaplikasikan pada kulit, daun mint membuat kulit rileks dan tenang, meringankan gejala masalah kulit seperti sunburn atau jerawat. 

Ini membuat kulit tampak cerah dan segar setelah setiap menggunakannya. Anda bisa mengombinasikan daun mint dengan kunyit, madu, atau lemon yang juga memiliki sifat mencerahkan pada kulit. 

Dalam kombinasi dengan mint, mereka meningkatkan sirkulasi darah dan mengelupaskan sel-sel kulit mati, mempromosikan pergantian sel yang sehat dan mencerahkan kulit.

Mengencangkan kulit

Mint adalah zat ringan yang dapat digunakan untuk mengencangkan kulit. Masker atau scrub daun mint menghilangkan kotoran dari pori-pori kulit. 

Hasilnya kulit jadi lebih halus, lembut, dan terhidrasi dengan baik. Mint adalah pembersih dan astringen yang sangat baik. Kandungan asam salisilatnya mengontrol sel kulit mati.

Menenangkan gigitan nyamuk

Khasiat anti-inflamasi yang kuat dari bahan ini menenangkan iritasi akibat gigitan nyamuk dan kondisi kulit lainnya yang menyebabkan gatal dan iritasi. 

Sifat menenangkan dan dingin pada daun mint juga membantu meredakan bengkak, merah, dan gatal pada kulit.

Atasi alergi pada kulit

Keluarga tanaman mint menyediakan berbagai senyawa tanaman yang memiliki efek anti-alergi. Tanaman mint mengandung antioksidan dan zat antiinflamasi yang disebut asam rosmarinic.

Mint juga memiliki sifat anti bakteri dan jamur yang dapat meredakan dan menghilangkan gejala alergi di kulit seperti gatal dan kulit kemerahan. Daun mint juga membantu mengobati kecemasan dan kelelahan mental, gejala yang sering dialami oleh penderita alergi.

Hilangkan komedo

Komedo terbentuk ketika kotoran dan minyak mengendap di pori-pori dan menyumbatnya. Karena daun mint bersifat menghilangkan kotoran dari pori-pori, menggunakan daun mint bisa mengangkat komedo dan sel kulit mati. 

Selain itu, menggunakan daun mint secara rutin sebagai perawatan kulit bisa mencegah komedo timbul kembali.

Atasi lingkaran hitam di bawah mata

Kulit di bawah mata rapuh dan rentan terhadap kerusakan. Lingkaran hitam dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurang tidur atau radikal bebas. 

Kandungan antioksidan dalam daun mint daoat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Ini karena antioksidan meremajakan dan merevitalisasi kulit.

Meremajakan kulit

Aplikasi topikal mint dapat meningkatkan sirkulasi darah, memastikan kulit terpelihara dengan baik. Menggunakan daun mint meremajakan kulit dan membuatnya tetap sehat. Bahan ini juga kaya akan antioksidan yang menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Memastikan kulit terpelihara dan terhidrasi adalah satu-satunya cara untuk memperlambat penuaan. Karena mint meningkatkan sirkulasi darah ke kulit dan melembabkannya, mint juga menunda pembentukan kerutan dan garis-garis halus tanda penuaan dini.

Cegah bau mulut

Mint memiliki sifat antibakteri yang dapat menyingkirkan bau mulut. Minum teh daun mint dan mengunyah daun segar bisa menutupi bau mulut dan membunuh bakteri.

Daun mint sangat membantu kesehatan mulut secara keseluruhan. Mengunyah daun mint menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut, dan membersihkan endapan plak pada gigi. Napas yang segar membuat siapa saja lebih percaya diri.


No comments

Powered by Blogger.