Petai Cina Kaya Manfaat dan Baik Untuk Kesehatan

SUARA | Medan -

Petai cina memiliki nama Leucaena leucocephala merupakan sejenis tanaman perdu yang tumbuh di kawasan tropis. Tumbuhan ini memiliki banyak penyebutan di tiap daerahnya seperti mlanding, lamtoro, petai selong, dan masih banyak lagi. 

Manfaat petai cina yang sering digunakan adalah bagian polongnya. Buah dan polong petai cina berbentuk pita lurus berwarna hijau hingga kecokelatan, pipih dan tipis dengan sekat-sekat di antara bijinya.

Manfaat petai cina kerap ditambahkan pada masakan seperti sambal goreng, sambal biasa, oseng-oseng, dan olahan lainnya. Sekilas bentuk petai cina memang menyerupai petai namun dalam versi mini. 

Dari sisi rasa dan aroma, petai cina juga tak jauh beda dengan petai biasa. Selain menyedapkan masakan, ada manfaat petai cina lainnya. Manfaat petai cina juga memberi efek baik pada kesehatan. 

Manfaat petai cina untuk kesehatan ini didapat dari kandungan nutrisi dan vitaminnya. Berikut manfaat petai cina yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/12).

Petai cina dapat mengeluarkan racun dari tubuh dengan cara detoksifikasi. Petai cina memiliki senyawa Alkaloid. Senyawa ini bersifat menetralisir racun di dalam tubuh dan membuangnya lewat sekresi tubuh. 

Flavonoid dalam petai cina juga membantu menyingkirkan virus dan bakter di dalam tubuh yang mengganggu fungsi vital seperti hati, ginjal, dan pencernaan.

Sifat detoksifikasinya dapat menyehatkan hati dan mencegah masuknya penyakit hepatitis. Fungsi ini juga berpengaruh pada kesehatan ginjal dan mendukung kinerjanya secara maksimal.

Petai cina memiliki efek detoksifikasi yang tak hanya mengeluarkan racun tapi juga dapat membasmi cacingan. Petai cina yang memiliki sifat anti bakteri dan anti virus membantu mengeluarkan cacing dalam tubuh.

Pengobatan Cina sudah banyak yang memanfaatkan petai cina sebagai obat herbal untuk cacingan. Petai cina bahkan dapat membasmi cacing gelang dan cacing cincin saat dikonsumsi langsung.

Petai cina tinggi protein, rendah lemak serta kalori. Konsumsi petai cina aman dan cocok dalam proses penurunan berat badan. Asupan protein tinggi dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Makanan tinggi protein mengurangi rasa lapar, membantu makan lebih sedikit kalori. Ini disebabkan oleh peningkatan fungsi hormon pengatur berat badan. Makan lebih banyak protein dapat mengurangi keinginan dan keinginan untuk ngemil larut malam.

Ekstrak biji petai cina juga sangat baik dalam menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko serangan kanker. Flavonoid dalam petai cina mampu mencegah sel-sel tubuh berkembang menjadi kanker.

Flavonoid membantu mengatur aktivitas seluler dan melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh penyebab kanker. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa flavonoid dapat membantu menghentikan penggandaan sel kanker. Ini termasuk mengonsumsi makanan dengan flavonoid dan menjaga pola makan yang sehat.

Penelitian menunjukkan ekstrak dari polong petai cina dapat menurunkan gula darah. Flavonoid yang ditemukan dalam petai cuna juga dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. 

Petai cina juga mengandung Saponin yang juga dapat bermanfaat bagi penurunan gula darah. Saponin menurunkan lipid darah dan menurunkan respons glukosa darah.

Hasil meta-analisis yang dilakukan pada 2018 menunjukkan bahwa asupan tinggi flavonoid makanan berkorelasi dengan risiko lebih rendah dari diabetes tipe 2. Alkaloid dalam petai cina juga menurunkan glukosa darah yang dapat mengatasi diabetes.

Petai cina juga mengandung kalsium dan fosfor yang memberi nutrisi pada tulang. Fosfor bekerja dengan kalsium untuk membantu membangun tulang. Tubuh membutuhkan jumlah kalsium dan fosfor yang tepat untuk kesehatan tulang.

Tubuh tidak menghasilkan kalsium, jadi seseorang harus mengandalkan makanan untuk mendapatkan kalsium yang dibutuhkan. 

Tulang adalah tempat penyimpanan utama kalsium dalam tubuh. Fosfor juga memainkan peran struktural penting dalam asam nukleat dan membran sel.

Perpaduan kandungan flavonoid, alkaloid, dan saponin menjadikan petai cina sebagai jenis sayuran yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Saponin bertindak sebagai sumber anti bakteri dan anti virus. Efek ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit.

Petai cina juga mengandung protein yang berperan dalam kekebalan tubuh. Makan berbagai makanan protein dapat mempercepat penyembuhan dan pemulihan saat sakit.

Petai cina memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang dapat mencegah masalah kulit. Petai cina dapat mengatasi perdangan kulit yang disebabkan karena psoriasis. Biji petai cina dikenal sangat baik meredakan peradangan dan nyeri.

Petai cina juga mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan kulir. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat mengurangi kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap tubuh.


No comments

Powered by Blogger.