Rumah Zakat Kirim Amil Ikuti Training Internasional

SUARA I Kuala Lumpur -

Untuk meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia), enam amil Rumah Zakat mengikuti training internasional yang bertajuk NGO Capacity Strengthening Asia Regional Workshop di Kuala Lumpur. 

Para peserta mendapatkan materi tentang penanganan Humanitarian Issues and Disaster Impact selama satu pekan, yaitu pada 14-20 Desember 2019.

Perwakilan amil Rumah Zakat yang mengikuti training tersebut yaitu Nurmansyah, Joko Pamungkas, Siti Mulyani, Andri Murdianto, Al Razi Izzatul Yazid dan Qurratu Falmuriat. 

Para peserta mendapatkan materi mulai dari perencanaan menjalankan program atau aksi kemanusiaan, hingga monitoring dan evaluasi aksi yang sudah dijalankan.

“Dalam workshop ini kami dilatih bagaimana merespon suatu kejadian kemanusiaan, tidak hanya partisipasi aktif, tapi juga memikirkan kualitas bantuan. 


Selain itu, kami juga mendapatkan pengetahuan tentang manajemen risiko dalam mengimplementasikan aksi,” kata  Nurmansyah, amil Rumah Zakat.

Nurman menambahkan, dalam menjalankan program aksi kemanusiaan, dalam mengutus relawan ke lokasi terdampak harus memilih personil yang tepat. 

Hal tersebut merupakan salah satu hal terpenting agar proses aksi tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan kemampuan SDM.

“Alhamdulillah output dari workshop ini, Rumah Zakat menjadi lembaga yang terseleksi untuk mendapatkan bimbingan dari USAID dan OIC yang jalankan oleh International Medical Corps. Semoga ke depannya Rumah Zakat bisa terus maju,” ujar Nurman. (RZ)


No comments

Powered by Blogger.