Sambut Tahun Baru 2020, Pemdes Tanjung Rejo Gelar Festival Permainan Tradisional


SUARA | Tanjung Rejo -

Pemerintah Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang, menggelar festival permainan tradisional, Minggu 29/12/2019.

Kegiatan yang di motori oleh Karang Taruna Mangrove Desa Tanjung Rejo ini diikuti ratusan anak diwilayah tersebut dengan memainkan aneka dolanan tradisional Nusantara dengan gembira. 

"Festival permainan tradisional ini digelar dalam rangka menyambut tahun baru 2020. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari detoks gadget untuk anak", sebut Syafrial SH selaku Ketua Karang Taruna Mangrove Desa Tanjung Rejo.  



Dengan kecanduan gadget, selain mempengaruhi gaya bersosialisasi anak, juga menimbulkan gaya hidup kurang sehat pada anak.

"Ada riset, di kota besar anak-anak kurang gerak. Secara jangka panjang tidak baik untuk tubuh anak. Makanya perlu dihidupkan permainan tradisional berkarakter Indonesia yang di dalamnya kaya filosofi dan mengajak anak untuk bergerak," jelas Syafrial.

Festival itu juga dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Desa Tanjung Rejo Selamet. Menurut Kades Selamet, selain menyambut tahun baru, festival permainan tradisional mampu menghidupkan nilai-nilai integritas pada jiwa anak sejak dini.



Selamet mengatakan, selain kaya interaksi dan gerak fisik, permainan tradisional juga merupakan bagian dari pendidikan karakter. Mulai proses pembuatannya yang membutuhkan ketekunan, hingga butuh kerja sama saat memainkannya. Hal ini mengajarkan pentingnya kerja sama dalam tim.

Permainan tradisional juga menumbuhkan sikap saling peduli karena para pemainnya saling berkomunikasi. Berbeda dengan gadget yang justru kerap membuat kita acuh dengan lingkungan, ujarnya.

Pantauan awak media Suara Desa, permainan tradisional yang di gelar di lapangan bola kaki Dusun 11 Paluh Merbau ini diantaranya, layang-layang, enggrang bambu, terompa, gasing, congklak, batok kelapa, lompat tali, engklek, meriam bambu, dan fun game lainnya. (Diko)

No comments

Powered by Blogger.