Update Chrome Terbaru Bikin Data di Sejumlah Aplikasi Android Hilang

SUARA | Jakarta -

Chrome 79 untuk Android belum lama ini resmi diluncurkan dengan perlindungan phishing dan kemampuan untuk menyusun ulang bookmark.

Masalah bug WebView yang terkait dengan Chrome versi terbaru itu pun memengaruhi aplikasi Android pihak ketiga dan menyebabkan hilangnya data pengguna.

Google kemudian langsung memperbaiki bug itu, di mana data lama dari Chrome 78 yang sudah menghilang akan terlihat di aplikasi Chrome 79 setelah update WebView 79.0.3945.93.

Google mengklaim, data aplikasi sebenarnya tidak hilang, hanya saja tak dapat diakses setelah migrasi internal yang tidak lengkap.

AppCache, File System, localStorage, IndexedDB, Service Workers dan WebSQL APIs akan terpengaruh, tetapi Cookies dan SessionStorage tidak terpengaruh.

Ini berarti pengguna yang telah menggunakan versi Chrome terbaru akan mendapatkan kembali data lama mereka dengan biaya kehilangan akses ke data yang baru sejak pembaruan M79.

Pekerjaan rumah Google saat ini adalah memulihkan data dalam file baru yang sebelumnya telah dipindahkan.

Android WebView adalah komponen yang diberdayakan oleh Chrome, memungkinkan aplikasi Android untuk menampilkan konten web.

Sebelumnya komponen ini sudah terinstal di perangkat pengguna dan tentunya harus selalu diperbarui agar mendapatkan security update dan perbaikan bug lainnya.

(Michael Alementa)


No comments

Powered by Blogger.