Warga Desa Perkebunan Marike Antusias Hadiri Kegiatan Pola Hidup Sehat Bagi Lansia

SUARA | Langkat -
 
Desa Perkebunan Marike terus menggencarkan program kesehatan bagi lansia.Kegiatan Pola Hidup Sehat Bagi Lansia dengan melakukan penyuluhan kesehatan bagi lansia yang dilaksanakan di Kantor Desa Perkebunan Marike, Jum'at (27/12) yang dihadiri oleh 92 orang lansia.
 
Para lansia sangat antusias dengan kegiatan pola hidup sehat yang bekerja sama dengan Puskesmas Marike melalui Bidan Desa dan Kader Posyandu. Terlihat dengan kehadiran peserta yang mencapai 92 orang. 
 
Adapun yang menyampaikan penyuluhan pada kesempatan itu adalah Bujur Indasari dan Sri Novita Pinem selaku petugas kesehatan Puskesmas Marike yang juga Bidan Desa Perkebunan Marike. 
 
Sri Novita Sari Pinem menerangkan bahwa pola hidup sehat adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar sadar,mau serta mampu melakukan perilaku hidup yang sehat,ujarnya.
 
Sambung Sri, gaya hidup sehat mempengaruhi penampilan untuk menjadi awet muda dan panjang umur. Seseorang dianggap berhasil menjalani proses penuaan jika dapat terhindar dari penyakit,ungkap Sri. 
 
Di tambahkan Bujur Indasari, faktor-faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat pada lansia adalah faktor makanan dan gizi,mengurangi konsumsi gula,membatasi mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan asam urat, membatasi makanan yang mengandung lemak, cegah kegemukan, mengontrol tekanan darah, menghentikan merokok  dan tidak minum alkohol, minum obat sesuai aturan.
 
Ciri-ciri lansia sehat antara lain,secara fungsional masih tidak tergantung pada orang lain, dan aktifitas hidup sehari-hari masih penuh walaupun mungkin ada keterbatasan dari segi sosial ekonomi yang memerlukan pelayanan, ujarnya. 
 
Sementara itu dalam kesempatan yang sama Kades Parlaungan Sormin ketika di wawancarai oleh wartawan menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu program desa perkebunan Marike di bidang kesehatan yang bertujuan untuk mengajak para lansia untuk menerapkan pola hidup sehat agar tetap bugar dan produktif di masa tua.
 
"Pola hidup sehat merupakan upaya untuk mencapai tingkat kesehatan prima dan tetap aktif pada usia lanjut, kata Kades Perkebunan Marike. 
 
Acara tersebut dihadiri oleh Babinsa Desa Perkebunan Marike Serka Eddi Arifin, Babinkabtimas Aipda Eddi Ginting. (T. Pasaribu) 

No comments

Powered by Blogger.