Warga Desa Tanjung Rejo Sukses Budidaya Udang Vaname


SUARA | Tanjung Rejo -

Masyarakat Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang, Sudah banyak yang meraup keuntungan dari praktek budidaya udang vaname. 

Salah satunya yang berhasil ditemui awak media Suara Desa adalah Erwan (30) warga Dusun 11 Paluh Merbau Desa Tanjung Rejo, Minggu 29/12/2019.

Menurut Erwan, kita bisa memiliki banyak penghasilan dari usaha udang vaname. Udang vaname kolam terpal merupakan usaha yang sangat baik digunakan sebagai usaha budidaya yang nilainya fantastis. 

Erwan mengatakan, ada beberapa langkah budidaya udang vaname di kolam terpal yang bisa dilakukan secara maksimal. Diantaranya, kita harus memperhatikan pembesaran udang secara benar dan sesuai aturan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pertama, kita dapat memilih lokasi budidaya udang yang sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat menggunakan lokasi di belakang rumah atau tanah kosong yang Anda miliki. 

Kita bisa memelihara udang vaname yang bisa dilakukan pembesarannya di air payau. Namun saat ini budidaya udang juga bisa dilakukan di kolam terpal.

Selanjutnya kita isi air ke dalam kolam secara bertahap kemudian biarkan selama 1 sampai 2 minggu agar bau karet dari  terpal hilang. Setelah itu air dibuang dan diganti dengan air tawar yang baru dan diamkan beberapa hari.

Sebelum diberi bibit udang, terlebih dahulu kolam harus difermentasi dengan probiotik dan ditambahkan garam agar air menjadi payau. Untuk bibit unggul biasanya dapat dilihat dari segi ukurannya yang seragam.

Benur ialah anak udang vaname yang bisa disebar kapan saja dan harus memperhatikan suhu air dalam kolam. Sebaiknya melakukan penebaran bibit saat sore hari sehingga tidak terlalu menyengat. Selanjutnya kita rawat dan pelihara udang vaname sampai waktunya tiba dapat dipanen. 

"Setiap dua bulan sekali saya panen udang vaname, dan dalam sekali panen saya mendapat keuntungan bersih Rp 20 Juta", beber Erwan. 

Sementara itu, saat ditemui disela-sela kesibukannya, Kepala Desa Tanjung Rejo Selamet mengaku sangat mendukung dengan apa yang dilakukan oleh warganya.

Selamet mengatakan jika saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan agar kedepannya kita buatkan kelompok petani pembudidaya udang vaname dan akan kita ajukan ke Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Deli Serdang.

Kades Selamet juga membeberkan bahwa disamping budidaya udang vaname, di Desa Tanjung Rejo juga terdapat tambak alam yang membudidayakan ikan Nila, Bandeng, Mujair, dan Kepiting, ucapnya.

(Diko)

No comments

Powered by Blogger.