Bunga Bangkai Tumbuh Subur di Deliserdang

SUARA | Sibolangit -

Warga Desa tambunan, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, dihebohkan dengan penemuan bunga bangkai langka di perkebunan milik salah seorang warga. Tumbuhan jenis Amorphophallus Titanium tersebut, tumbuh subur dan mekar.

"Pertama kali bunga bangkai itu ditemukan oleh pemilik lahan, Arif Liasta Ginting," kata salah seorang warga sekitar, Yudha Pohan, Jumat (3/1/2020).

Yudha menjelaskan bahwa bunga bangkai langka tersebut sontak membuat heboh pemilik kebun dan warga sekitar. Saat ini, bunga bangkai tersebut dirawat oleh Arif. Tujuannya agar tumbuh dengan subur.

"Tingginya sekitar 1,5 meter dan kira-kira bunga bangkai itu sudah sekitar empat hari mekar," jelas Yudha.

Yudha mengungkapkan bahwa bunga bangkai dapat dilihat tumbuh secara sempurna dalam kurun waktu kurang dari seminggu. Sementara, pemilik kebun memperbolehkan warga masyarakat yang ingin melihatnya.

"Masyarakat boleh lihat, dan demi perawatan serta jaga lingkungan sekitar, bagi pelajar dikutip Rp 10 ribu dan umum Rp 15 ribu," ungkap Yudha.
 
"Tanaman ini dikenal dengan bunga majemuk terbesar di dunia dan dapat menghasilkan bunga dengan ketinggian sekitar 4 meter," tutup Yudha.

Seperti diketahui bahwa bunga bangkai jenis Amorphophallus Titanium kini terancam punah. Tumbuhan ini merupakan suku talasan endemik Pulau Sumatera. (Lensa)

No comments

Powered by Blogger.