Pemerintah Desa Manunggal dan Pemdes Karang Gading Gelar Musrenbang


 
SUARA | Labuhan Deli -

Pemerintah Desa Manunggal, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, menggelar Musyawarah Rencana Pembangun (Musrenbang) Desa untuk tahun anggaran 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Desa dan di hadiri oleh Sekretaris Camat Labuhan Deli Edy Syahputra Siregar SSTP MAP, Kepala Desa Manunggal Mukhlisin, Perangkat Desa, Kepala Dusun, unsur kecamatan sebagai fasilitator, Ketua BPD, LPM, PKK serta tokoh masyarakat, Kamis 24/1/2020.

Kepala Desa Manunggal Mukhlisin mengatakan, Musrenbang desa adalah forum musyawarah perencanaan tahunan di tingkat desa untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan hasil musyawarah dusun, hasil dari musrenbang desa yang akan di usulkan di tingkat kecamatan.

"Kegiatan ini di mulai dengan tahapan penggalian gagasan di tiap-tiap dusun yang ada di desa manunggal dan hasil penggalian gagasan di tingkat dusun juga turut di ikut sertakan sebagai bahan musrenbang di tingkat desa", ucap Kades Mukhlisin.

Beberapa usulan tokoh masyarakat ikut mewarnai kegiatan ini dengan suasana hangat dan bersahabat di tanggapi oleh pihak desa maupun pihak kecamatan.



Sementara diwaktu yang sama, Pemerintah Desa Karang Gading, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, juga menggelar Musrenbang di aula kantor desa tersebut.

Kegiatan Musrenbang dihadiri Camat Labuhan Deli Syafii Sihombing SIP MAP, Kepala Desa Karang Gading Al Munir SPd, Perangkat Desa, Kepala Dusun, unsur kecamatan sebagai fasilitator, Ketua BPD, LPM serta tokoh masyarakat, Kamis 24/1/2020.


Kepala Desa Karang Gading Al Munir SPd mengatakan, Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. 

Musrenbang Desa dilaksanakan setiap bulan Januari dengan mengacu pada RPJM desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

"Dengan begitu diharapkan, masyarakat Desa Karang Gading, agar dapat mendukung dan menyatukan persepsi apa yang menjadi usulan program pembangunan untuk kemajuan desa kita", jelasnya.  (Diko)


No comments

Powered by Blogger.