Program Ternak Domba Rumah Zakat Berdayakan Warga di Desa Pamoyanan

SUARA | Bogor -

Untuk memberdayakan ekonomi masyarakat, Rumah Zakat menggagas Program Ternak Domba di Desa Berdaya Pamoyanan, Bogor. Program tersebut didirikan pada tahun 2016 dan hingga saat ini anggota ternak domba yang dibina oleh Rumah Zakat sudah mencapai 22 orang.

“Setelah mendapatkan bantuan domba dari Rumah Zakat, para anggota dibagi menjadi beberapa kelompok, hal tersebut bertujuan agar tidak merasa mempunyai hak kepemilikan sendiri. Kalau tidak dikelompokkan dan diurus masing-masing, kemungkinan besar domba tersebut akan dijual ketika mereka membutuhkan uang,” jelas Elan Jaelani, Fasilitator Desa Berdaya Pamoyanan, Senin (6/1).

Di sisi lain, untuk meningkatkan penghasilan warga melalui ternak domba, ke depannya Elan Jaelani ingin memperluas pasar berkelanjutan dengan menginisiasi program aqiqah. Menurutnya, apabila hanya mengandalkan dari anakan domba, hasil yang didapatkan warga masih terbatas.

“Saya bersyukur bisa menjadi salah satu anggota ternak domba binaan Rumah Zakat. Di usia yang sudah tidak muda ini susah kalau mau cari kerja, alhamdulillah dengan gabungnya saya di sini bisa mendapatkan sumber penghasilan dari ternak domba,” ungkap Sodikun, salah satu penerima manfaat.

Tidak hanya bantuan hewan ternak, para penerima manfaatpun diberikan pengetahuan mengenai ternak domba dengan berbagai pelatihan dari dinas pertanian dan praktisi dibidangnya. Di samping itu juga para penerima manfaat diajak melakukan studi banding ke lokasi ternak yang sudah sukses. (RZ)

No comments

Powered by Blogger.