Reses Anggota DPRD Langkat : Warga Keluhkan Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

SUARA | Langkat -
 
Pada hari ketiga Reses I tahun 2020, anggota DPRD Langkat Partai PDI. Perjuangan, Yusuf Tarigan, SE, menggelar reses di Dusun Kampung Baru, Desa Suka Rakyat Kecamatan Bahorok, Senin (6/1/2020).
 
Dalam reses tersebut masyarakat menyampaikan keluhannya mengenai kelangkaan pupuk bersubsidi hak petani seperti, pupuk urea, NPK, Poskha, ZA, dan SP 36. Hal ini disampaikan oleh Ketua Kelompok tani (Poktan)  Makmur Desa Timbang Lawan, Mujaidin. 
 
Mujaidin menjelaskan, petani tidak lagi menerima pupuk bersubsidi seperti pupuk Urea, Poskha, ZA, SP 36 untuk tahap II bulan Desember 2019,tahap III bulan Januari 2020, yang mengakibatkan petani gagal panen. 
 
Desa Timbang Lawan luas lahan pertanian di daerah irigasi 700 Ha yang di tanam padi. 700 Ha lahan pertanian di daerah irigasi, tanaman padi menguning tidak terawat dan di kwatirkan akan gagal panen.
 
Sebabkan petani tidak menerima pupuk bersubsidi pada gelombang II bulan Desember 2019, dan gelombang III bulan Januari 2020,ujar Mujaidin. 
 
Selanjutnya, Mujaidin juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Langkat membangun infrastruktur jalan produksi pertanian di areal persawahan untuk mempermudah petani mengangkut gabah.
 
Selain itu, Kades Suka Rakyat Herianto menyampaikan persoalan mengenai kondisi instalasi jaringan PLN yang sangat meresahkan seperti di Dusun Sebatu, yang mana Dusun Sebatu belum ada tiang PLN permanen.
 
Sehingga kabel yang dialiri arus tegangan tinggi itu keadaan semrawut bahkan sampai menyentuh tanah, jika ini di biarkan dapat membahayakan bagi anak-anak dan ternak lembu warga, ujar Kades. 

Sementara itu, Kades Perkebunan Bungara Nuraini menyampaikan agar di Desanya di pasang tiang tower untuk masyarakat mengakses internet. 
 
Rajit, warga Desa Suka Rakyat, agar Pemerintah Kabupaten Langkat untuk memperbaiki jalan protokol Desa Suka Rakyat. 
 
Yusuf Tarigan, SE berjanji dengan secepatnya akan berkordinasi dengan Dinas Pertanian dan bagian perekonomian Setkab Langkat mengenai hal kelangkaan pupuk bersubsidi yang milik para petani. 
 
"Saya berjanji dengan secepatnya akan berkordinasi dengan pihak Dinas Pertanian dan bagian perekonomian terkait kelangkaan pupuk bersubsidi, dan saya berjanji untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat pada saat sidang paripurna DPRD", ujar Yusuf Tarigan. (T Pasaribu)

No comments

Powered by Blogger.