Terong Dapat Mengbati Penyakit Diabetes

SUARA | Medan -

Terong salah satu sayuran yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Terong sering dijadikan sebagai bahan utama dalam berbagai jenis olahan, seperti dioseng, digoreng, disayur, bahkan dijadikan sambal.

Dengan warnanya yang ungu serta teksturnya yang lunak, tentu saja terong juga memiliki manfaat kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat mengonsumsi terong untuk menjaga kesehatan tubuh Anda:

1. Mengobati Diabetes

Seperti yang dilansir dari WebMD, Terong memiliki antioksidan, seperti vitamin A dan C yang daapt membantu melindungi sel Anda dari kerusakan. 

Terong juga memiliki bahan kimia tumbuhan alami tinggi yang disebut polifenol untuk membantu pekerjaan sel menjadi lebih baik dalam memproses gula.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan antioksidan yang terkandung dalam terong dapat mendukung kesehatan jantung. 

Sebuah ulasan pada 2019 menyarankan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid tertentu, termasuk anthocyanin, dapat membantu mengurangi peradangan yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal ini seperti yang dilansir dari Medical News Today.

3. Menurunkan Kolesterol Darah

Serat yang terkandung dalam terong bisa jadi bermanfaat bagi kadar kolesterol. Hasil penelitian pada 2014 menunjukkan bahwa asam klorogenat, antioksidan utama dalam terong, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat serta dapat mengurangi risiko penyakit hati berlemak.

4. Melindungi dari Kanker
 
Pelifenol dalam terong dapat membantu melindungi tubuh dari kanker. Anthocyanin dan asam klorogenik juga dapat melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Dalam jangka panjang, dapat membantu mencegah pertumbuhan tumor dan penyebaran sel kanker. Selain itu, anthocyanin dapat membantu mencegah pembentukan pembuluh darah baru dalam tumor, mengurangi peradangan, dan memblokir enzim yang membantu penyebaran sel kanker.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Antioksidan lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam terong berperan penting untuk menjaga kesehatan mata dan dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia yang dapat menyebabkan hilangnya pengelihatan pada orang tua.

6. Membantu Manajemen Berat Badan

Serat pada terong dapat membantu seseorang untuk mengatur berat badannya dengan mengikuti diet tinggi serat karena serat dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama.

Terong mengandung serat dan kalori yang rendah. Kedua nutrisi tersebut dapat berkontribusi untuk diet sehat rendah kalori. Jika ingin dijadikan sebagai menu diet, sebaiknya Anda memilih untuk memanggangnya.


No comments

Powered by Blogger.