Bupati Rokan Hilir H Suyatno Lepas Pawai Pestival Lampion Malam Cap Go Meh

SUARA | Rokan Hilir -
Kegiatan Malam Pestival Lampion dimalam Cap Go Meh ini dilaksanakan didepan Yayasan Multi Marga berlangsung meriah dan banyaknya masyarakat menyaksikannya. Bagansiapiapi sabtu 8/2/2020.

Turut hadir Acara Malam Cap Go Meh ini adalah Bupati Rohil H.Suyatno, Sekda Rohil Drs.H.Job Kurniwan, Wakil Ketua DPRD Rohil, Forkompimda,Kepala dinas,Tokoh Masyarakat,Ormas Pemuda Pancasila, FK PPI,Ketua ketua Kelenteng, para Undangan.

Bupati Rokan Hilir H.Suyatno  melepas Pawai Lomba Lampion yang diikuti para peserta sebanyak  23 Peserta yang ikut mendaftarkan kepanitia,mebgikuti pawai pestival lampion.

Setelah selesai acara Bupati H.Suyatno mengatakan epada awak media saat wawancara mengatakan, menyambut malam cap goh meh 2571 tahun 2020 dari tahun ke tahun  saya melihat dan saya selalu hadir melihat perkembangan festival lampion dari tahun ke tahun nya cukup meningkat.

Saya juga berterima kasih kepada ketua kelenteng yang ada di kota bagansiapiapi dan juga terima kasih kepada ketua ketua  ormas tadi ada jawa reok yaitu ikut mengambil bagian,  dalam rangka malam hari ini kita melepas lampion festival lampion. 
Tentunya dari faktor keamanan sangat penting sekali, karena apa karena kota Bagansiapiapi dipadati dengan masyarakat yang melihat, menonton dan menyaksikan jalannya festival lampion di kota bagansiapiapi tahun 2020.

Sekali lagi saya menyampaikan apresiasi terima kasih kepada ketua yayasan multi marga bagansiapiapi, rokan hilir yang telah berperan aktif dalam mensukseskan festival lampion 2020.

Tadi udah cerita sama pak ketua yayasan kalau bisa empat buah miniatur yang tampil malam hari ini cukup bagus sekali, itu kita minta nanti untuk kita panjangkan sebagai pariwisata, nantinya kita letak di tempat tempat yang strategis, untuk keindahan kota bagan dan juga masyarakat bisa foto foto ini sangat menarik.ucap bupati

Bupati H.Suyatno mengharapkan  yang penting malam hari ini kita merayakan kita minta kondusiflah tidak ada masalah dan antusias masyarakat kota bagan luar biasa menyaksikan malam pestival lampion. mengakhiri wawancaranya 

Ketua Yayasan Multi Marga Kho Peng saat diwawancara awak media mengatakan bahwa  malam ini kita pantau dari yayasan  yang terdaftar secara resmi  ada dua puluh tiga peserta. Bapak bupati di pentas tadi menyampaikan bahwa suruh kita Panitia menyediakan ada beberapa lampion itu untuk dipajangkan, nanti mungkin di sudut  sungai garam, mungkin termasuk di tengah kota untuk menghiasi keindahan kota Bagabsiapiapi. Dan menyambut persiapan bakar tongkang.

Tamu yang hadir ikut menyaksikan pada malam ini diperkirakan lebih kurang ada lima belas ribu orang yang menyaksikan. Ada dari panipahan ada dari pulau halang ada dari Sinaboi ada dan dari medan, pekanbaru ada serta selain dari kelengkeng.  ini hanya khusus di rokan hilir aja yang ikut selain kelengkeng yang ikut, selain kelenteng yang ikut ini ada dari marga marga, terus kemudian dari organisasi Pemuda Pancasila termasuk generasi muda FK PPI  termasuk dari organisasi organisasi tionghoa. 

Dari yayasan tujuannya untuk mengangkat kesenian dan kebudayaan tionghwa yang ada di kabupaten rokan hilir kesenian kebudayaan ini kan dari dulunya memang sangat dikenal oleh masyarakat.

Harapan kita tahun tikus logam ini  saya mengharapkan semoga di rokan hilir ini bisa masyarakat  semua etnis dapat bekerja sama,dan  toleransi agamanya kominikasi lintas agama baik, dan semoga membawa rezeki dan kemakmuran dirokan hilir. (ria putra)

No comments

Powered by Blogger.