Manfaat Buah Jambu Air Untuk Kesehatan

SUARA | Medan -

Manfaat buah jambu air mungkin masih disepelekan bagi sebagian orang. Ternyata, buah yang sangat mudah ditemukan di pekarangan rumah atau bahkan di pasar ini memiliki segudang manfaat jambu air untuk kesehatan.

Manfaat buah jambu air didapat dari adanya segudang nutrisi di dalamnya seperti vitamin A, C, dan E, serat, potassium, myricetin, hexahydroxyflavone, fenolik, dan flavonoid. 

Semua kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah jambu air ini memilki fungsinya masing-masing untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mulai dari anti-mikroba, antioksidan, anti-hiperglikemik, hingga anti-kanker. Itulah alasan adanya segudang manfaat buah jambu air untuk kesehatan ini. 

Berikut kumpulan manfaat buah jambu air untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (9/2/2020). 

Mencegah dan Mengobati Infeksi

Manfaat buah jambu air pertama dapat mencegah dan mengobati infeksi. Hal ini dikarenakan jambu air kaya dengan kandungan senyawa flavonoid, fenolik, dan tannin. 

Ketiga senyawa tersebut bersifat anti-mikroba yang dapat mencegah atau mengobati infeksi, khususnya infeksi akibat bakteri dan jamur.

Selain itu, kandungan anti-mikroba dalam jambu air juga dinilai ampuh dalam membunuh mikroba seperti cacing yang berisiko menginfeksi saluran pencernaan. Pastikan untuk mencuci bersih jambu air sebelum mengonsumsinya.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat buah jambu air berikutnya dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Manfaat ini didapat karena adanya kandungan serat di dalam jambu air yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kekurangan serat dapat memicu munculnya berbagai penyakit sistem pencernaan seperti sulit buang air besar atau sembelit hingga masalah pada usus. 

Untuk itu, kamu bisa mencukupi kebutuhan serat dari buah jambu air ini. Namun, konsumsilah secukupnya saja. Pastikan tidak berlebihan karena dapat menyebabkan sakit perut bahkan diare. 

Makan secukupnya dan sebaiknya jangan dimakan sebelum mengonsumsi makanan berat. Cuci bersih buah jambu air sebelum dimakan agar kuman tidak mengganggu pencernaan.

Mengatasi Peradangan

Jambu air merupakan jenis buah yang mengandung senyawa flavonoid tinggi yang bersifat aktif antioksidan. Kandungan ini berguna untuk mencegah ataupun mengobati peradangan (inflamasi).

Peradangan merupakan kondisi yang harus segera diatasi karena dapat memicu sejumlah penyakit serius seperti kanker dan penyakit jantung. 

Oleh karena itu, mengonsumsi jambu air secara tidak langsung kamu sudah mencukupi kebutuhan antioksidan dan dapat mencegah penyakit-penyakit yang disebebkan dari peradangan.

Mencegah Kram Otot

Manfaat buah jambu air untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mencegah kram otot. Hal ini dikarenakan di dalam jambu air mengandung mineral potassium yang diklaim efektif untuk mencegah maupun mengatasi masalah otot seperti kram.

Banyak penelitian menyatakan bahwa otot yang sering kram merupakan akibat dari kurangnya asupan potassium ke dalam tubuh. 

Oleh karena itu, kamu dapat mengonsumsi buah jambu air yang memiliki kandungan potassium cukup tinggi yang dapat mencegah bahkan mengobati kram yang terjadi pada otot.

Mengendalikan Gula Darah

Bukan hanya daging buah jambu air saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan, daun jambu air juga memiliki manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat daun jambu air dapat mengontrol kadar gula darah.

Kadar gula darah dalam tubuh yang berlebihan dapat menjadi penyebab seseorang mengalami diabetes. Manfaat daun jambu air ini didapat karena adanya kandungan senyawa polifenol yang dipercaya dapat menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Mengontrol Kadar Kolesterol Jahat

Buah jambu air dikenal memiliki sifat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini dikarenakan serat pada jambu dapat mengendalikan kadar kolesterol agar tidak berlebihan.

Mengonsumsi buah jambu air secara rutin secara tidak langsung dapat mencegah penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan jantung. 

Selain itu, buah jambu air juga memiliki kandungan niacin yang dapat meningkatkan kadar lemak HDL dan menurunkan kadar trigliserida (lemak yang biasa ditemukan dalam darah).

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah jambu air berikutnya adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Manfaat jambu air ini didapat karena adanya kandungan vitamin C yang cukup tinggi dengan kandungan antioksidan yang efektif untuk menangkal serangan radikal bebas.

Radikal bebas merupakan penyebab utama terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh, termasuk salah satunya sel kulit. Apabila kulit mengalami kerusakan, maka akan timbul masalah kulit seperti berjerawat di wajah, tanda-tanda penuaan dini, dan lain sebagainya.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah jambu air juga tidak kalah menguntungkan dari wortel. Mirip seperti sayuran wortel, buah jambu air juga dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan buah jambu air memiliki kandungan vitamin A.

Vitamin A dalam buah jambu air dapat meningkatkan dan memelihara kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat berisiko terkena berbagai ganggua kesehatan mata seperti nyctalopia dan degenerasi macula akibat pertambahan usia.

Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat buah jambu air selanjutnya dapat menjaga berat badan tetap ideal. Manfaat ini didapat karena adanya kandungan serat dan mineral yang cukup tinggi di dalam buah jambu air.

Serat dan mineral dalam buah jambu air ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan membantu mendorong sisa makanan agar tidak tertimbun terlalu lama di dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang menakutkan, berbahaya, dan mematikan. Beberapa jenis kanker yang umum terjadi adalah kanker paru-paru, kanker otak, kanker payudara, dan kanker usus.

Walaupun terkenal menakutkan, kamu tetap bisa melakukan tindakan pencegahan kanker. Kamu bisa mencegah perkembangan sel kaner dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan kaya vitamin serta antioksidan seperti jambu air ini.

Jambu air memiliki antioksidan dan sifat anti-kanker yang dapat membunuh sel penyebab tumbuhnya kanker pada tubuh terutama kanker payudara. Konsumsi buah jambu air secara rutin agar terhindar dari kanker.

No comments

Powered by Blogger.