Musrenbang Kecamatan Bahorok, Serap Aspirasi Masyarakat

SUARA | Langkat -

Musyawarah Rembung Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Bahorok Tahun 2020 di gelar di Aula Kantor Camat Bahorok, Rabu (5/2/2020).
 
Camat Bahorok Dameka Putra Singarimbun, S. STP mengawali dalam sambutannya,mengatakan: sebelum diadakan Musrenbang Kecamatan, pihaknya telah melakukan Musrenbang tingkat Desa.
 
Tujuannya untuk menyerap aspirasi dari masyarakat bawah dan untuk mensinkronisasikan antara program dan kegiatan yang di usulkan oleh Desa/Kelurahan dengan kondisi di lapangan, ujar Camat.
 
Ditambahkan Dameka, tidak hanya bidang fisik/infrastruktur yang menjadi usulan, namun sektor seni/budaya,pariwisata,serta pertanian, yang intinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi prioritas dari masing-masing Desa, ucap Camat.
 
Lanjutnya, melalui Musrenbang Kecamatan ini, Dameka berharap, masing-masing Kades/Lurah dalam penyampaian usulan agar dapat memperhatikan yang menjadi skala prioritas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memperhatikan etika dalam penyampaian usulan, ujar Camat sekaligus membuka Musrenbang Kecamatan Bahorok Tahun 2020.
 
Sementara Itu, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Langkat, H. Harianto mengatakan, agar setiap usulan-usulan Desa dirangkum dalam aplikasi.
 
"Sebelum menentukan skala prioritas dalam Musrenbang Kecamatan Bahorok ini, sebaiknya di musyawarahkan terlebih dahulu sebelum di rangkum dalam aplikasi, sebab jika usulan telah terdata dalam aplikasi, kemudian ada usulan yang belum di rangkum, maka akan sulit untuk mengubahnya, terang H. Harianto.
 
Lanjut, H. Harianto, Pemkab Langkat sangat terbatas dalam anggaran APBD sehingga tidak semua usulan-usulan dalam Musrenbang ini di tampung untuk itu di butuhkan kesabaran dan kesadaran dari masyarakat, ujarnya.
 
Dalam Musrenbang tersebut masing-masing Desa pada umumnya mengusulkan fisik/infrastruktur,seperti pengaspalan jalan, jembatan, MCK, irigasi, drainase, serta bantuan ternak.
 
Bidang Kesehatan beberapa desa mengusulkan untuk pembangunan Polindes, karena Polindes sangat di butuhkan oleh masyarakat.
 
Untuk bidang pariwisata dari beberapa desa juga mengusulkan agar di tata ulang dalam penegelolaan retribusi parkir agar di sesuaikan dengan perda dan agar tersedianya obat anti bisa.
 
Hadir dalam Musrenbang tersebut, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Langkat, H. Harianto, Kadis DLH, Iskandarsyah, Kadis Pariwisata, N. Br Rambe, Sekretaris Pariwisata Rasta, Dinas Perhubungan, Pertanian, Kominfo Langkat, Danramil 06 Bahorok, Kapten Inf. N.Tanjung,Kapolsek Bahorok di wakili Wakapolsek IPTU M Isa. (Pas)

No comments

Powered by Blogger.