Wabup Deli Serdang Buka MTQ Tingkat Kecamatan Tanjung Morawa

SUARA | Tanjung Morawa -
Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar resmi membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 53 Tahun 2020 tingkat Kecamatan Tanjung Morawa,yang ditandai dengan pemukulan Beduk, Sabtu (15/2).
MTQ Ke 53 Tahun 2020 tingkat Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang  tersebut,di laksanakan   di dusun VII sekolah Karya Jaya Gg.Turi Desa Wono Sari Kecamatan Tanjung Morawa itu berlangsung 15 s/d 16 Februari yang di ikuti 154 peserta dari 18  Desa dan 2 Kelurahan
Sebelum pembukaan MTQ tersebut ribuan peserta dan masyarakat, serta anak anak sekolah melaksanakan pawai ta'aruf di hadapan Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar  yang saat itu didampingi Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, Kadis Pariwisata Khairum Rizal, Kadis Sosial Hendra Wijaya, Kadis PMD Citra Efendi Capah, Camat Tanjung Morawa Marianto Irawadi S.Sos Beserta Muspika Kecamatan  serta para Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh pemuda.
Pada Sambutannya Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar mengatakan, Sebagaimana keyakinan kita bersama, bahwa Al-Qur’an adalah petunjuk kebenaran yang datang dari sang khalik allah swt, tuhan yang maha kuasa. Betapa murni dan agungnya nilai-nilai keimanan yang terkandung di dalam Al-Qur’an tersebut. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita berkewajiban, untuk mempelajari dan memahami secara mendalam isi dan makna yang terkandung didalamnya, guna diamalkan serta dapat diaplikasikan dalam segala aspek kehidupan.
Disadari bahwa penyelenggaraan MTQ senantiasa diarahkan pada upaya menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk senantiasa memahami, menghayati dan mendalami Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup. Disamping itu, MTQ juga menjadi menjadi tolak ukur dinamika aktivitas pembinaan baca Al-Qur’an yang sedang berlangsung di tengah – tengah masyarakat.
Mari kita maknai, bahwa Sesungguhnya esensi dari diselenggarakannya kegiatan MTQ ini, bukan hanya menjadi pemacu semangat dan motivasi bagi setiap insan untuk membaca, memahami, menghayati serta mengamalkan nilai-nilai ajaran Al-Qur’an secara kaffah, utuh dan menyeluruh semata, akan tetapi yang terpenting dan utama adalah, agar Al-Qur’an semakin dicintai oleh semua orang dan nilai - nilai ajarannya, dapat mewarnai perilaku kehidupan sehari - hari.
Kepada seluruh peserta, saya ucapkan selamat berlomba. Tampilkanlah seluruh kemampuan yang kalian miliki. Inilah kesempatan untuk ajang prestasi para qori dan qoriah, karena setelah ini kita akan menghadapi event yang lebih besar, yakni MTQ tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional. Dan kepada dewan hakim / dewan juri, saya ucapkan selamat melaksanakan tugas yang penuh berkah ini, junjung tinggilah nilai-nilai sportivitas dan keadilan, karena hasil penilaian para dewan juri sangat menentukan perkembangan qori dan qoriah kita Kedepan
Sementara itu,laporan panitia yang dibacakan Drs.H Alman mengatakan kegiatan laporan MTQ ini bertujuan mencari peserta terbaik untuk dikirim nantinya pada MTQ tingkat Kabupaten Deli Serdang yang akan diselenggarakan pada waktu dekat. Dari 25 Desa dan 1 Kelurahan di Tanjung Morawa, jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 470 peserta.
Cabang yang diperlombakan pada MTQ ini yaitu Tartil Qur’an golongan anak-anak, Mujawat anak-anak,remaja dan dewasa,Tahfizul qur’an, Musabaqoh Tartil Qur’an dan menulis karya ilmiah ilmu Al-Qur’an.

No comments

Powered by Blogger.