Bupati Batubara ; Rumah Sakit dan Puskesmas Agar Deteksi Dini Virus Corona

SUARA | Batubara -

Dengan tersebarnya berita Virus Corona yang telah berkembang di 42 Negara, termasuk 2 orang sudah terindikasi di Indonesia, maka saya meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara agar menjadikan Rumah Sakit Daerah dan seluruh Puskesmas yang ada di Batubara untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang berhubungan dengan deteksi dini Terhadap kemungkinan Virus Corona masuk ke Batubara.

Hal tersebut di tegaskan Bupati Batubara Ir. H. Zahir, M.AP pada rapat koordinasi FORKOPIMDA dan jajaran Kesehatan dan OPD, bertempat di aula Pendopo Bupati Tj. Gading (senin, 09 maret 2020)

Dalam arahan Bupati Zahir, Rumah Sakit dan Puskesmas agar menyiapkan tim 24 jam bertugas dengan peralatan yang baik dan unit Ambulace untuk deteksi dini dan pelayanan kesehatan secara cepat apabila ada masyarakat terindikasi Virus Corona untuk diantar ke Rumah Sakit rujukan yang telah di siapkan Pemprov. Sumut di 5 Rumah Sakit, tegas Politikus PDI Perjuangan Zahir.

Di hadiri oleh Ketua DPRD M. Syafi'i, SH., Kapolres AKBP Ikhwan Lubis, SH,MH., Kadis Kesehatan Drg. Wahit Kusairi, MM., Dandim 0208 AS di wakili Kapten E. Zebua, dan Sekda Sakti Alam Siregar, SH. 

Zahir menjelaskan bahwa Kab. Batubara merupakan pintu masuk barang dan orang melalui Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung, Pelabuhan Multimas dan Pelabuhan Inalum, karenanya antisipasi dini harus siap siaga antara aparat Kesehatan dan TNI/Polri kita lakukan, apa lagi banyaknya pelabuhan tikus dari kapal-kapal kecil yang berasal dari negara/nelayan pencari ikan yang berhubungan dengan negara tetangga, tegas Zahir Politikus PDI Perjuangan itu.

Sementara itu Kadis Kesehatan Kab. Batubara Drg. Wahit Kusairi, MM.,  menjelaskan bahwa rapat Kordinasi Antisipasi Virus Corona di laksanakan dengan mengundang seluruh aparat kesehatan, TNI dan Polri, Lapas, serta Pimpinan OPD. Rakor ini di laksanakan sebagai kesiapan Pemerintah Daerah karena penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang sangat cepat, sehingga meresahkan Dunia.

Untuk itu jajaran di Dinas Kesehatan telah mengambil langkah pembentukan tim gerak cepat menyiapkan Rumah Sakit dan Puskesmas membuat brosur penyebarluasan informasi, persiapan layanan Kesehatan, persiapan alat pelindung dini petugas pelayanan dan melakukan penyuluhan kata Drg. Wahit Kusairi. (Aswat)

No comments

Powered by Blogger.