Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan

SUARA | Medan -

Daun meniran merupakan tanaman liar yang sering ditemui di jalan atau alam bebas. Dengan daun bulat dan berukuran kecil, sekilas daun meniran mirip dengan daun putri malu. Tumbuhan ini bisa ditemui di daerah beriklim tropis dan subtropis.

Daun, batang daun, dan akar tanaman meniran ini digunakan sebagai obat herbal yang dipercaya bisa mengatasi berbagai penyakit. Manfaat daun meniran atau Phyllanthus niruri ini biasa diolah menjadi suplemen dalam bentuk bubuk atau sirup.

Dosis rata-rata untuk mengonsumsi ekstrak daun meniran adalah satu kapsul 500 miligram per hari. Daun meniran juga bisa dikonsumsi dalam bentuk teh seduhan. Meski bermanfaat, konsumsi daun meniran juga memerlukan saran dari dokter karena kandungan daun meniran bisa memengaruhi efek obat lainnya.

Mandaat daun meniran adalah obat tradisional yang populer dengan khasiat obat yang kuat. Beberapa penelitian mendukung penggunaannya untuk batu ginjal, batu empedu, kesehatan hati, dan diabetes. 

Manfaat daun meniran juga dikenal dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Berikut 10 manfaat daun meniran yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/3/2020).

Cegah batu ginjal dan saluran kemih

Phyllanthus niruri dapat membantu memecah atau mengurangi ukuran batu yang terbentuk di saluran kemih dan ginjal. Phyllanthus niruri dapat membantu mengendurkan ureter setelah lithotripsy untuk membantu batu keluar. 

Lithotripsy adalah prosedur yang digunakan untuk memecah batu di saluran kemih. Ekstrak daun meniran juga mencegah pembentukan batu dan dengan menghentikan kristal yang terbentuk.

Antioksidan

Dilansir dari Healthline, menurut sebuah studi in vitro 2014, ekstrak yang terbuat dari daun phyllanthus niruri menunjukkan aktivitas antioksidan yang kuat. 

Antioksidan melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit. Antioksidan dapat memperkuat kekebalan tubuh dan mencegah timbulnya penyakit.

Efek diuretik

Beberapa praktisi pengobatan herbal menggunakan Phyllanthus niruri sebagai diuretik. Dalam sebuah studi 2018, peneliti menemukan bahwa Phyllanthus niruri memiliki efek diuretik pada tikus, meningkatkan ekskresi natrium dalam urin. 

Diuretik menghilangkan air dan natrium dari tubuh. Mereka dapat membantu mengobati tekanan darah tinggi dan berbagai kondisi lainnya.

Cegah virus

Daun meniran diteliti dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus. Sebuah studi 2013 meneliti efek dari empat spesies Phyllanthus pada virus herpes simplex dalam kultur sel. Daun meniran dapat memerangi infeksi ini. 

Studi lain menunjukkan bahwa Phyllanthus niruri dapat membantu mengobati infeksi lain, seperti hepatitis B dan HIV. Ini membuat daun meniran mampu menjaga daya tahan tubuh dengan mencegah datangnya infeksi.

Anti-bakteri

Ekstrak phyllanthus niruri memiliki kemampuan antimikroba terhadap bakteri H. pylori. Bakteri H. pylori sering ditemukan pada saluran pencernaan dan biasanya tidak berbahaya. 

Tetapi dalam beberapa kasus, mereka dapat menyebabkan tukak lambung, sakit perut, dan mual. Para peneliti juga menemukan bahwa ekstrak daun meniran tidak membahayakan strain bakteri asam laktat yang bermanfaat.

Cegah peradangan

Daun meniran dapat membantu mengurangi peradangan. Peradangan dapat menyebabkan banyak masalah di seluruh tubuh seperti flu, nyeri, dan gangguan kulit. 

Dalam sejumlah penelitian, daun meniran dapat membantu mengurangi peradangan dan memiliki efek seperti ibuprofen.

Meniran juga diteliti mampu mengurangi sekresi asam lambung dan melindungi perut. Ini juga menunjukkan efek anti-inflamasi yang kuat terhadap tukak lambung.

Atasi diabetes

Daun meniran juga memiliki sifat antidiabetes. Kandungan dalam daun meniran dapat membantu mencegah penyerapan glukosa dan meningkatkan penyimpanan glukosa. 

Ini dapat membantu menjaga kadar gula darah. Para peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak tanaman dapat membantu menurunkan gula darah puasa dan mencegah lonjakan gula darah.

Cegah kanker

Phyllanthus niruri dan spesies phyllanthus lainnya dapat membantu mencegah metastasis dari beberapa kanker paru-paru dan payudara. Sebuah studi 2011 menunjukkan polifenol dalam ramuan membantu mencegah invasi, migrasi, dan adhesi sel kanker.

Sebuah studi pada 2012 pada garis sel kanker kolorektal dan hati manusia juga menemukan bahwa phyllanthus niruri membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan mendorong kematian sel kanker.

Atasi hepatitis B

Phyllanthus niruri dapat membantu mengobati infeksi hepatitis B akut karena kemampuan yang anti virusnya dan melindungi hati. Hepatitis B adalah bentuk virus hepatitis yang dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan hati jangka panjang.

Dukung kesehatan hati

Para ilmuwan telah menemukan bahwa spesies Phyllanthus tertentu dapat membantu mencegah peradangan dan kerusakan hati. 

Dilansir dari Verywellhealth, menurut sebuah studi pada 2012 di bidang Biologi Farmasi, ekstrak Phyllanthus polyphyllus, Phyllanthus emblica, dan Phyllanthus indofischeri mampu melindungi sel-sel hati (disebut hepatosit) dari tekanan oksidatif ketika terpapar hidrogen peroksida dalam serangkaian studi tabung.


No comments

Powered by Blogger.