Manfaat Daun Pegagan Dapat Meningkatkan Daya Ingat

SUARA | Medan -

Manfaat daun pegagan untuk otak tentunya dapat meningkatkan daya kerja otak menjadi lebih baik lagi. Tanaman liar satu ini tentu  mudah ditemukan disekitar kita. 

Daun pegagan atau istilah ilmiahnya, Centella asiatica yang awalnya hanya tanaman liar tumbuh di sekitar sawah, kebun dan pegunungan. 

Kini daun pegagan makin terkenal sebagai tanaman herbal yang bermanfaat untuk otak, dan tentunya cocok sebagai bahan dasar jamu.
 
Daun pegagan yang merupakan jenis tanaman liar ini, banyak tumbuh di negara-negara Asia seperti Tiongkok, Indonesia, Jepang, dan India. 

Daun pegagan memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit ringan, hingga penyakit berat. Salah satunya yakni manfaat daun pegagan untuk otak.

Selain manfaat daun pegagan untuk otak, Beberapa manfaat daun pegagan juga telah terbukti secara ilmiah untuk membantu mengobati penyakit tertentu. Daun pegagan yang merupakan jenis tanaman liar ini, hampir diketahui oleh semua kalangan. 

Daun pegagan yang bisa dijadikan jamu tentunya dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit tanpa harus  pergi ke dokter untuk mendapatkan penyembuhan.

Berikut liputan6.com meragkum dari berbagai sumber, Senin (23/3/2020) tentang 5 manfaat daun pegagan untuk otak, dapat meningkatkan daya ingat. 

Berikut dirangkum dari berbagai sumber, Senin (23/3/2020) tentang 5 manfaat daun pegagan untuk otak, dapat meningkatkan daya ingat.

Seperti yang telah diketahui bahwa selain daun pegagan dapat meyembuhkan beberapa penyakit, manfaat daun pegagan untuk otak juga perlu untuk diketahui agar dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik lagi.

1. Mampu Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Manfaat daun pegagan untuk otak yang pertama adalah mampu meningkatkan daya ingat. Kandungan senyawa asiatikosida yang terkandung dalam daun pegagan mampu meningkatkan daya ingat seseorang. 

Kandungan zat omega yang dibutuhkan otak, terdapat pada daun pegagan ini. Dalam sebuah riset, ekstrak air herbal daun pegagan ini dapat memperbaiki daya ingat seseorang.

2. Memberi Efek Positif Terhadap Daya Rangsang Saraf Otak

Memberi efek positif terhadap daya rangsang saraf otak merupakan salah satu manfaat daun pegagan untuk otak. 

Daun pegagan dapat memberi efek positif terhadap daya rangsang otak sehingga otak lebih mampu untuk berpikir cepat dan dapat merespon sesuatu dengan baik.

3. Melancarkan Peredaran Darah Pada Otak

Daun pegagan yang memiliki rasa manis dan bersifat mendingikan ini juga dapat melancarkan peredaran darah pada otak. Otak merupakan salah satu bagian yang memiliki peranan penting bagi tubuh, dan merupakan pusat dari segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

Apabila sirkulasi darah pada tubuh manusia tidak lancar, beragam gangguan kesehatan pada tubuh pun dapat terjadi. Untuk itu penting menjaga kesehatan otak dan menjaga agar peredaran darah di otak tetap lancer dan baik.

 4. Meningkatkan  Fungsi Kognitif Otak

Manfaat daun pegagan untuk otak selanjutnya adalah daun pegagan dapat meningkatkan fungi kognitif otak. Sebuah penelitian membuktikan bahwa daun pegagan dapat menigkatkan fungsi kognitiff otak dan dipercaya efektif untuk megembalikan daya ingat seseorang yang stroke.

5. Dapat Meningkatkan IQ dan Kemampuan Mental

Manfaat daun pegagan untuk otak selanjutnya yakni dapat meningkatkn IQ dan kesehatan mental, serta menanggulagi lemah mental pada anak. 

Meningkatkan kemampuan belajar dan menguatkan memori otak anak. Karena manfaat daun pegagan ini banyak untuk kesehatan otak, sehingga daun pegagan disebut sebagai makanan otak.

Selain mengetahui manfaat daun pegagan untuk otak, penting juga untuk mengetahui Kandugan apa saja yang terkandung dalam daun pegagan, sehingga memiliki berjuta manfaat untuk otak. 

Daun pegagan memiliki kandungan kimiawi yang terdiri dari asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, dan tanin.

Garam mineral yang terkandung dalam daun pegagan yakni seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi juga merupakan salah satu kandungan sehingga daun pegagan memiliki banyak manfaat daun pegagan untuk otak.

Glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside diduga merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang terdapat pada daun pegagan tersebut memberikan rasa pahit ketika di konsumsi.

Makanan yang disebut sebagai makanan otak ini memiliki berjuta manfaat untuk otak. Di samping berjuta manfaat daun pegagan untuk otak, penting untuk mengetahui efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi daun pegagan.

Tanaman herbal satu ini memiliki risiko efek samping yang tak boleh dipandang sebelah mata. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi karena penggunaan ekstrak daun pegagan ini adalah sakit kepala, sakit perut, mual dan muntah, pusing, kulit terasa terbakar atau perih, serta reaksi alergi.

Mengonsumsi ekstrak daun pegagan diawali dengan dosis rendah dan kemudian ditingkatkan secara bertahap dapat membantu mengurangi risiko efek samping dari mengonsumsi daun pegagan ini. 

Jika kamu menggunakan daun pegagan sebagai salep atau digunakan untuk menyebuhkan luka di anggota tubuh, sebaiknya oleskan salep daun pegagan secara tipis-tipis pada siku atau punggung tangan untuk melihat efeknya sebelum digunakan di tempat yang bermasalah.

Tanaman herbal daun pegagan ini juga sebaiknya tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang. Idealnya, daun pegagan dikonsumsi selama dua hingga enam minggu. 

Atau sebaiknya anda bisa konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi atau menggunakannya. Karena walaupun berbahan herbal, daun pegagan harus dikonsumsi sesuai anjuran dokter.


No comments

Powered by Blogger.