Mengenal Program Senyum Desa yang Diikuti Puteri Indonesia 2020 Ayu Maulida

SUARA | Jakarta -

Rr Ayu Maulida Putri asal Jawa Timur menyabet gelar Puteri Indonesia 2020. Ia menyisihkan sekitar 39 peserta Puteri Indonesia lainnya yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia pada Jumat malam, 6 Maret 2020.

Ayuma, sapaan akrabnya pun mendapatkan ucapan selamat dari sejumlah tokoh mulai dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Istri Wakil Gubernur Jatim Arumi Baschin.

Tak hanya itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyatakan salut untuk program Senyum Desa yang diadvokasi oleh Ayu Maulida. 

Selain itu, ia juga menyampaikan selamat kepada Ayu Maulida yang terpilih menjadi Puteri Indonesia 2020. Ia menulis hal tersebut di akun instagramnya @halimiskandarnu.

“Selamat buat Arek Suroboyo @ayumaulida97 sebagai Puteri Indonesia 2020. Saya salut atas program Senyum Desa yang diadvokasi oleh Ayu Maulida, semoga ke depan bisa bersinergi membangun masyarakat luas,” tulis dia, seperti dikutip Minggu (8/3/2020).

Bicara soal program Senyum Desa, lewat akun instagram @ayumaulida97 mengenalkan program tersebut. Ia bergabung dalam program Senyum Desa pada 1 November 2018. Di tengah kesibukan dunia model dan kuliah, Ayu juga terlibat dalam kegiatan sosial lewat program Senyum Desa.

Bahkan Ayu Maulida juga turut dalam kegiatan lapangan program senyum desa di sejumlah wilayah di Indonesia antara lain di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sungai Ambawang, Kalimantan Barat.

Program Senyum Desa didirikan pada 27 Oktober 2017 di Sampang, Madura, Jawa Timur. Program Senyum Desa, salah satu komunitas independen sosial tanpa afiliasi dan partai.

Lewat Senyum Desa yang didirikan sejumlah anak muda ini bekerja bersama untuk meningkatkan kesetaraan di pendidikan, kesehatan, lingkungan, komunitas dan kemanusiaan.

Hal ini mengingat di sejumlah daerah di Indonesia belum mendapatkan hal tersebut secara layak. Oleh karena itu, mengutip instagram senyum desa disebutkan program ini menjadi wadah generasi muda untuk ikut serta melunasi janji-janji kemerdekaan di seluruh pelosok Nusantara dengan semboyan bergerak dengan hati, mengabdi untuk negeri.

Mengutip Kanal Lifestyle Liputan6.com, senyum mengembang diwajah Raden Roro Ayu Maulida, pemenang Puteri Indonesia 2020. Miss Universe 2019 menyematkan mahkota Borobudur yang dihiasi batu mirah warna merah kepada Ayu.

Perempuan yang lebih dikenal dengan nama Ayu Maulida lahir di Surabaya, Jawa Timur, 11 Juli 1997. Ayu pernah menjuarai Asia Model Festival 2019. Model asal Surabaya ini juga sempat meraih gelar Face of Asia 2019.

Sebelum dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2020, sejak kecil dia sudah memiliki impian sebagai mdoel profesional. Ia bahkan sempat menyabet Juara 2 Lomba Hijab Sanggarwati saat masih duduk di bangku kelas 5 Sekolah Dasar (SD).

Anak kedua dari tiga bersaudara ini sempat meraih penghargaan The Best Catwalk Female Model saat mengikuti ajang Indonesia Fashion Week 2019.

Di kalangan dunia mode di Tanah Air, nama Ayu Maulida sebenarnya cukup dikenal. Dia sempat memeragakan karya-karya desainer kondang, seperti Poppy Dharsono, Agnes Budisurya, Barli Asmara, dan lain-lain.

Perempuan yang meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas Airlangga pada 2015 ini sempat mengisi acara kontes modeling Asia Model Festival 2019.

Raden Roro Ayu Maulida Putri sempat gagal mengikuti kontes tingkat provinsi Puteri Indonesia Jawa Timur pada 2017. Namun, dia tidak patah semangat dan mengikuti kembali ajang tersebut hingga meraih gelar Puteri Indonesia Jawa Timur 2020. (net)


No comments

Powered by Blogger.