Menlu : Virus Corona Meningkat di Iran, Jepang, Korsel dan Italia

SUARA | Jakarta -

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengatakan bahwa di China telah terjadi penurunan statistik wabah virus Corona atau Covid-19. 

Virus Corona malah meningkat di Iran, Korea Selatan, Jepang dan Italia. Informasi ini merujuk pada laporan terbaru atau situation report nomor 42 oleh WHO yang diterima Kemenlu.

"Perkembangan ini menjadi panduan bagi kita (Kemenlu) untuk melakukan perlindungan bagi WNI," kata Retno seusai menggelar rapat bersama para pemimpin redaksi di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Retno bersama jajarannya kini terus meningkatkan komunikasi dengan para WNI, melalui KBRI setempat. Terutama yang tinggal di wilayah Iran, Korsel, Jepang dan Italia untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari otoritas setempat.

Lebih lanjut, dia menginstruksikan perwakilan KBRI di empat negara tersebut untuk aktif memberi dukungan moril bagi otoritas setempat terkait meningkatnya kasus virus Corona.
"KBRI juga harus berkomunikasi dengan otoritas setempat untuk memberikan support," ujar Retno.

Dalam kesempatan itu, dia juga memberikan update informasi tentang WNI penderita virus Corona di Jepang. Dia menyebut 4 dari 9 WNI yang positif terjangkit Corona di Jepang telah dinyatakan sembuh.

"Dari 9 WNI yang terjangkit virus Corona, masih ada lima WNI yang positif Corona, dan empat dinyatakan sembuh." ujar Retno dilansir dari liputan6.com.

Dia kemudian memastikan bahwa seluruh WNI telah selasai dievakuasi dari kapal Diamond Princess.


No comments

Powered by Blogger.