Pembangunan Program Air Bersih dan Sanitasi Rokan Hilir tahun 2020

SUARA | Rokan Hilir -
 
Kabid Kawasan Pemukiman Tito Satria ST menjelaskan bahwa untuk Program Air Bersih (spam)  dan Sanitasi mendapatkan sebanyak enam puluh satu Desa, Jumat 20/3/2020.
 
Sedangkan untuk program sanitasi sebanyak tujuh belas desa yang tersebar di tiga kecamatan, anggarannya 25 M untuk tahun 2020. Ada peningkatan ditahun 2020 ini dikarenakan apresiasi dari kementerian dengan kinerja sanitasi dirokan hilir pada 2019 tahun lalu, ucapnya.

Dijelaskan bahwa program Sanitasi Rokan Hilir  berada dikawasan pemukiman kumuh yang harus kita diselesaikan, seperti dikawasan pesisir yang terdapat di kecamatan Bangko, Pesir Limau Kapas dan Sibaboi. Yang difokuskan Dinas Perkim Rohil dalam melaksanakan program pusat.

Ada tiga kecamatan dirokan hilir yang mendapatkan program Sanitasi  yaitu kecamatan bangko 12 Desa mulai dari desa Labugan Tangga sampai Desa Serusa, Kecamatan Pasir Limau kapas 3 Desa yaitu Desa Panipahan Darat, Desa Panipahan, Desa Teluk Pulay dan kecamatan Sinaboi terdapat di 2 desa yaitu Desa Sungai Bakau dan Desa Babusalam. 

Awal pelaksana kegiatan diperkirakan dibulan April 2020 dengan masa pelaksana selama 7 bulan. Kegiatan ini nanti dilaksanakan oleh Pokmas (Peran Kelompok Masyarakat) desa. 

Saat ini sedang berlangsung survai dilapangan yang dilaksanakan oleh tim Fasilisator Program Sanitasi ada tank septic induvidual, Tank septic pengenal, tank inpal, dan MCK. 

Pemerintah pusat telah  juga menambahkan anggaran untuk Rokan Hilir menjadi 25 M  tahun 2020. Pada tahun 2019 dimana Rokan Hilir telah dapat menyelesaikan program dari pusat dengan baik,dan tidak ada program yang dikembalikan, serta penyampaian loporan tepat waktu serta dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (riaputra)

No comments

Powered by Blogger.