Manfaat Sirih Merah Untuk Kesehatan

SUARA DESA -

Manfaat sirih merah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Sirih merah merupakan jenis tanaman herbal dengan segudang manfaat. Tumbuhan endemik Sulawesi ini memiliki daun berwarna hijau gelap dan batang merah.

Masih berkerabat dengan sirih hijau dan lada, daun sirih merah mengandung sejumlah senyawa tanaman berkhasiat. Manfaat sirih merah banyak digunakan sebagai obat oral maupun topikal sejak lama. 

Manfaat sirih merah dikenal sebagai antiseptik herbal yang mengandung banyak zat seperti minyak atsiri, flavonoid, saponin, dan tanin. Manfaat sirih merah dapat dengan mudah didapat. 

Sirih merah dapat dengan mudah ditanam dan dikembangbiakkan. Manfaat sirih merah ini dipercaya dapat mencegah penyakit dan mengobati sejumlah masalah kesehatan. Manfaat sirih merah juga dapat menyehatkan kulit.

Berikut 14 Manfaat sirih merah yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu(29/4/2020).

Atasi diabetes

Daun sirih merah dapat menurunkan kadar glukosa darah. Sirih merah mengandung molekul aktif yang disebut tanin yang memiliki sifat antidiabetes. Alkaloid pada sirih menurunkan kadar glukosa darah dengan menghambat penyerapan glukosa di usus.

Daun ini juga mengandung beragam polifenol yang memiliki potensi antioksidan yang sangat baik. Molekul-molekul pada daun sirih melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan akibat radikal bebas.

Pulihkan peradangan

Sifat anti-inflamasi pada sirih merah mampu menyembuhkan dengan cepat peradangan. Sirih merah dapat digunakan sebagai obat gusi berdarah, luka bakar ringan, gatal gigitan serangga, hingga rasa nyeri di berbagai bagian tubuh.

Daun sirih adalah obat klasik untuk luka. Ini mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Mereka meningkatkan aktivitas enzim pemulung radikal bebas dalam tubuh Anda, seperti superoksida dismutase dan katalase.

Hilangkan bau badan

Sirih merah mengandung estradiol dan klavikula yang mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Mengonsumsi air rebusan daun sirih merah mampu meredakan bau badan yang berlebihan. Anda juga bisa mengaplikasikan tumbukan daun sirih ke ketiak secara teratut untuk mengatasi bau badan.

Sirih merah juga dapat mengatasi bau mulut berkat kandungan eugenol dan capitol. Sifat antiseptik pada sirih merah ampuh membunuh bakteri mulut. Berkumur dengan air rebusan daun sirih merah mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Menghentikan Mimisan

Kandungan fenil popies dan terpene pada daun sirih dipercaya mampu menghentikan mimisan. Dalam pengobatan tradisional, sirih merah digunakan dengan cara menggulung helai daun yang sudah dibersihkan dan memasukkannya ke lubang hidung yang mengalami mimisan.

Obat asam urat

Kandungan pada sirih merah mapun meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh. Manfaat ini terkait kemampuan sirih merah sebagai agen anti-inflamasi.

Bantu atasi gusi berdarah

Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan fosfor yang mampu meredakan pendaraan akibat peradangan pada gusi. Cara menggunakan daun sirih merah untuk mengatasi masalah gusi adalah dengan berkumur dengan air rebusannya.

Atasi Bau Mulut

Manfaat daun sirih untuk kesehatan mulut lainnya adalah mengatasi bau mulut karena kandungan senyawa eugenol dan capitol-nya. Cukup dengan berkumur dengan air rebusan daun sirih, masalah bau mulut akan teratasi.

Atasi sakit perut

Terpenoid dan lavikula yang ada pada daun sirih mampu mengobati sakit perut. Cara memanfaatkannya sangat mudah, cukup dengan merebus 7 lembar daun sirih dan meminum air rebusannya.

Bantu sembuhkan tukak lambung

Kandungan vitamin C dan antiseptik dalam daun sirih merah sangat ampuh melawan kuman penyebab tukak lambung. Dengan mengunyah 1-2 lembar daun sirih dan mengulumnya selama 10 menit, dan membuang daunnya.

Cegah jerawat

Sirih merah memiliki sifat antibakteri alami. Sirih merah mengandung tanin, yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat.

Kandungan minyak atsiri pada sirih merah mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Kandungan sirih merah seperti antioksidan, flavonoid, dan vitamin tertentu mampu menutrisi kulit.

Atasi Gatal Kulit

Karena sifat anti-inflamasinya yang kuat, sirih merah tak hanya mampu mencegah jerawat. Air rebusan sirih merah juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk ketombe, eksim, varises, luka bakar, memar, hingga gigitan serangga. 

Beberapa penelitian menyatakan sifat antiseptik pada daun sirih merah lebih baik dari sabun atau produk antiseptik buatan.

Cegah penuaan dini

Radikal bebas menyebabkan tanda-tanda penuaan. Efek ini menyebabkan kerusakan sel, peradangan dan menyebabkan keriput serta bintik-bintik penuaan. 

Antioksidan pada sirih merah mampu melawan efek radikal bebas, mereka dapat memainkan peran utama dalam menunda tanda-tanda penuaan.

Antioksidan kulit

Kandungan antioksidan sirih merah mampu meregenerasi kulit wajah yang rusak akibat polusi dan radikal bebas. Untuk mencegah jerawat cukup gunakan air rebusan daun sirih merah sebagai pencuci muka dua kali sehari. 

Flavonoid dan tanin dalam sirih merah membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat.

Sehatkan rambut

Kandungan antioksidan pada sirih merah juga dapat meningkatkan kesehatan rambut dan mengobati kekurangan nutrisi yang dapat membahayakan kesehatan rambut. 

Antioksidan dapat melindungi folikel rambut yang lembut, dan mencegah rambut rontok yang disebabkan oleh stres oksidatif.


No comments

Powered by Blogger.