Cerita Duka RBT di Simpang Geho Labuhan Ruku Sepi Sewa


SUARA DESA -

"Bang jangan kejar setoran terus, istirahat dulu, ini kan udah 17  hari puasa," teriak seseorang  RBT lainnya di seberang  pasar, untung saja kita  disini belum di berlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kabupaten Batu Bara ini.

Awak media Suara Desa pun langsung menghampiri  bg Tris, lelaki yang berprofesi  sebagai Rakyat  Banting Tulang (RBT) di  Simpang Geho Kelurahan Labuhan Ruku Kecamatan Talawi, di situasi sulit pandemi corona di kabupaten Batu Bara.

Sambil duduk di sepeda motornya bang Tris  pun mulai  bercerita tentang kehidupannya sehari-hari  sebagai RBT (pengojek)  yang mangkal di Simpang  Geho  tersebut. 

Menurutnya, sebelum ada  wabah covid-19  dalam sehari ia bisa  mendapat Rp 40 ribu sampai Rp 60 ribu dari RBT.

"Selama ada corona, sehari narik RBT dari pukul 5.30 Wib pagi sampai pukul 17.00 Wib sore cuma dapat Rp 20  ribu, paling banyak rezekinya  Rp 30 ribu, itu juga dari  10 penumpang," ungkap bang Tris.

Pria kelahiran 55 tahun silam ini makin lama bercerita, suaranya makin lirih. Dia menuturkan pendapatannya yang suram. Ayah dari  4  anak ini tidak lantas patah arang Menunggu  sewa (penumpang) di pangkalan  RBT simpang Geho.

"Banyak teman-teman siang sudah pada pulang, karena memang lagi tidak  ada penumpang, " paparnya. Minggu (10/05/2020) "Sekarang sudah 17 ramadhan sewa makin sulit, apalagi ditambah dengan maraknya wabah covid-19. Mana lagi harus bayar setoran kereta (sepeda motor) Rp  20 ribu tiap harinya.

“Saya tahu bahayanya corona, tapi mau bagaimana lagi, saya harus kasih makan anak dan istri sudahmeninggal dunia 17 bulan lalu, bayar sewa kereta juga. Pemerintah harusnya kasih solusi kalau mau batasi orang," tukasnya.Para RBT lain juga berharap, tolong juga dengar suara kami. 

“Kami butuh kepedulian pemerintah,” tambah mereka."Lagi pula mana janjinya, katanya ada bantuan sosial. Kami  di sini tidak pernah dapat sembako yang katanya dibagikan. Kalau katanya RBT  dapat keringanan kredit motor, RBT  pangkalan di Simpang Geho seperti kami jangan dilupakan juga," tandasnya. (Erwin)


HP : 081376783618

No comments

Powered by Blogger.