Lebaran Kali Ini Tidak Boleh Mudik


SUARA DESA -

Masyarakat diimbau untuk tidak mudik (pulang kampung) pada lebaran Idul Fitri kali ini guna mencegah terjadinya penyebaran virus corona (covid-19), khususnya di Kabupaten Batubara.

Imbauan itu disampaikan Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis, saat meninjau persiapan Pos CheckPoint (titik pemeriksaan) di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), tepatnya di perbatasan Serdang Bedagai dan Batubara, Kecamatan Laut Tador, Selasa (12/5/2020).

Agar imbauan itu dipatuhi masyarakat, maka akan dilakukan pemeriksaan terhadap seluruh kendaraan yang masuk ke Batubara. Pemeriksaan dimulai hari ini (Selasa, 12/5/2020), di setiap Pos CheckPoint.

“Jika dalam pemeriksaan ditemukan ada indikasi mudik, maka akan kita kembalikan ke tempat asal kedatangannya. Nanti kita periksa KTP dan kita lihat barang bawaan. Ada indikasi mudik atau tidak,” tegas Ikhwan.

Ikhwan menjelaskan, tidak hanya barang bawaan dan identitas penumpang saja yang diperiksa. Tapi petugas juga akan mengecek suhu badan supir dan penumpang.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai covid-19 dengan cara pakai masker, tidak mudik, menghindari kerumunan orang, saling menjaga jarak, dan tidak mudah panik.

Sementara itu  Bupati Batubara Ir Zahir menjelaskan, Pos Check Point di wilayah Batubara jumlahnya ada tiga titik. Yakni, di Jalinsum perbatasan Serdang Bedagai – Batubara, untuk memeriksa kendaraan yang datang dari arah Medan.

Berikutnya di SeiBejangkar,  di lokasi ini untuk pemeriksaan kendaraan yang datang dari arah Kisaran. Terakhir di Lima Puluh. Pos ini digunakan untuk memeriksa kendaraan dari arah Simalungun.

Menurut  Bupati Batu Bara  Ir Zahir mengatakan,  keberadaan pos-pos itu merupakan integrasi antara Pemkab dengan Polres Batubara. “Pemeriksaan akan dilakukan setiap hari sampai arus balik pasca lebaran,” kata Bupati. (Erwin)


No comments

Powered by Blogger.