Melon Membantu Lawan Kolesterol Hingga Tingkatkan Imunitas


SUARA DESA -

Melon menjadi salah satu buah yang banyak disukai individu. Selain enak dan memiliki aroma khas, melon ternyata mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya kalori, karbohidrat, serat, protein, magnesium, dan potassium.

Melon juga jaya akan vitamin C, vitamin B6, vitamin K, folat, dan yang tak kalah penting ialah melon tidak mengandung lemak sama sekali. 

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi melon bagi tubuh? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Jumat (12/6/2020).

1. Melawan Kolesterol

Melon mengandung dua jenis serat, larut dan tidak larut. Serat larut membantu menyeimbangkan gula darah, karena memperlambat penyerapan karbohidrat.

Kandungan seratnya langsung mengenai kolesterol LDL, yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat yang terakumulasi akibat plak. Demikian juga, buah ini menurunkan kolesterolmu dengan mengeluarkannya dari sistemmu.

2. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dan kalori yang rendah membuat melon menjadi komponen penting dalam dietmu, terutama jika berencana untuk menurunkan berat badan. 

Serat membantu proses pencernaan, mengurangi timbulnya masalah terkait pencernaan seperti sembelit. Kandungan air yang tinggi (sekitar 90%) dan kalori rendah membantu menjaga tubuhmu kenyang, sehingga menghindari kecenderungan makan berlebih.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup, segelas jus melon bisa meningkatkan meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.

Sistem kekebalan yang lebih kuat dan lebih baik bertindak sebagai tembok yang kuat untuk melawan pertumbuhan yang tidak diinginkan dan berlebih dari lemak, bakteri penyebab penyakit dan segala jenis penyakit.

Penelitian telah mengungkapkan bahwa konsumsi melon bisa mencukupi hingga 34% dari kebutuhan vitamin C tubuhmu.

4. Mencegah Diabetes

Diabetes adalah hasil dari ketikdakmampuan tubuhmu untuk mempertahankan atau mengembangkan insulin yang diperlukan. Sifat diuretic dari melon bisa menyeimbangkan dan mengatur produksi insulin.

Dengan demikian, konsumsi melon bisa membantu menghindari retensi cairan. Kandungan glukosa yang rendah dalam melon membuatnya mudah dikonsumsi bagi individu yang mengalami diabetes.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Melon kaya akan zeaxanthin dan lutein yang sangat penting untuk kesehatan matamu secara keseluruhan. Konsumsi melon setiap hari bisa membantu mengurangi risiko infeksi mata dan katarak.

6. Merawat Kulit

Kandungan vitamin C dalam melon membantu menyehatkan kulitmu dengan meningkatkan kadar kolagen. Kolagen adalah sejenis protein yang memastikan peningkatan sel kulit dan sel darahmu.

Mengkonsumsi jus melon bisa membantu melawan tanda-tanda penuaan, keriput dan kulit kendor. Buah ini juga memiliki sifat melembabkan dan memberi energi yang baik.



No comments

Powered by Blogger.