Bupati Batu Bara ; Minat Baca Dan Menulis Masyarakat Perlu Terus Di Kembangkan


SUARA DESA -

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP berharap, agar di setiap OPD mempunyai perpustakaan mini atau sejenisnya yang bertujuan dapat dijadikan sebagai salah satu tempat atau media untuk menambah pengetahuan bagi yang membutuhkan.

Hal tersebut disampaikan KadisdikBatu Bara Ilyas Sitorus usai menerima bantuan BRI Peduli melalui BRI Cabang Perdagangan, berupa 4 unit alat pendingin ruangan dan 1 rak buku di Ruang Pojok Baca Disdik Batubara, Selasa (07/07/2020).

Menurut Ilyas, bahwa minat baca dan minat menulis masyarakat perlu terus dikembangkan. Sebab,  kebanyakan masyarakat saat ini lebih senang jalan-jalan ke pusat perbelanjaan atau ketempat wisata, ketimbang ke perpustakaan untuk membaca. 

Mencari informasi maupun meminjam buku, sehingga  perkembangan pusat perbelanjaan dan tempat wisata lebih maju dari pada perkembangan perpustakaan atau sejenisnya.

Selanjutnya, bahwa Dinas Pendidikan telah menindaklanjuti harapan Bupati Batu Bara tersebut dengan memanfaatkan kolong gedung kantor yang selama ini dijadikan sebagai tempat parker, untuk dirubah menjadi pojok baca sekaligus juga menyediakan pojok ASI.

“Masyarakat yang maju akan selalu haus dengan bacaan dan informasi mutahir dan berkualitas. Apabila pojok baca mampu menyediakan bahan informasi yang relevan, maka diharapkan pemustaka  akan memanfaatkannya. Hal ini akan mendorong masyarakat belajar (learningsociety),” papar Ilyas.

Ilyas menjelaskan, dalam waktu tidak terlalu lama lagi akan segera memanfaatkan ruang pojok yang sudah ada. Dengan bantuan BRI Cabang Perdagangan, sehingga akan menambah kenyamanan pemustaka nantinya dalam berburu pengetahuan di ruangan pojok baca.

Selain itu kata Ilyas, pojok baca ini nantinya akan dilengkapi dengan Wifi dan beberapa unit PC/Komputer, sehingga bagi tamu yang berkunjung ke Dinas Pendidikan bisa sekaligus menambah pengetahuannya, baik melalui bahan-bahan bacaan cetak maupun elektronik.

“Oleh karennya kami akan terus berupaya menambah koleksi pojok baca. Karena koleksi merupakan nafasnya sebuah perpustakaan atau pojok baca, ” tutur mantan Kabiro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu ini.

Ditempat yang sama Kepala Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Perdagangan Andrie Vitra usai menyerahkan bantuan sebanyak 4 buah alat pendiding (AC) berikut 1set rak buku yang diterima langsung oleh Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus.

Ilyas mengatakan, bahwa bantuan yang diberikan ini untuk menambah kenyamanan bagi pemustaka nantinya di ruang pojok baca ini, sekaligus sebagai langkah awal bahwa BRI Cabang Perdagangan untuk bersinergi lebih baik dalam menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Batubara dalam hal ini Disdik Batubara.

“Andrie berharap dengan tersedianya pojok baca yang dibuat Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara, dapat meningkatkan minat baca serta wawasan masyarakat yang membutuhkan. “Ini luar biasa, dengan hanya memanfaatkan kolong bangunan ditata sedemikian rupa bisa menjadi pojok baca yang nyaman bagi pemustakaan nantinya,” ujar Andrie.

Andrie juga berjanji, pihaknya berkomitmen memberikan kemudahan pelayanan berupa produk dan jasa perbankan BRI kepada Dinas Pendidikan Batu Bara dan jajarannya.

Hadir pada kesempatan tersebut selain Kadisdik Ilyas Sitorus, juga Pimpinan BRI Cabang Perdagangan Andrie Vitra dan tim, Sekretaris Disdik Darwinson Tumanggor, Kabid, Kasi dan Kasubbag serta staf di lingkungan Disdik Batub  Bqhara, juga tamu dan awak media turut menyaksikan pemberian bantuan BRI tersebut. (red)


No comments

Powered by Blogger.