Ilyas Sitorus Buka Kegiatan In House Training (IHT) Penyusunan LKPD Berbasis Mikir


SUARA DESA -

Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus SE MPd, Buka Kegiatan In House Training (IHT) Penyusunan LKPD Berbasis Mikir Penggunaan Aplikasi Class Room Dalam Pembelajaran Daring.

Ilyas Sitorus mengatakan, Ini perlu kita apresiasi yang luar biasa, karena tidak banyak sekolah kita yang melakukan pelatihan seperti ini, apilikasi secara serentak nanti digunakan google class room dan hari ini mereka dilatih untuk bagaimana bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan baik, Senin (20/07/2020) di Buffer Mangga Jln Lintas Sumatera kecamatan Sei Suka kabupaten Batu Bara.

Memang sudah banyak yang menggunakan tapi mereka diberi pendalaman melalui pelatihan ini agar bisa menolong anak-anak yang belajar dari rumah dengan aplikasi itu.Sebelumnya kata Ilyas, SMP Negeri 2 Medang Deras ini sudah menggunakan zoom, WhatsAAp, tetapi kali ini mereka menambah dengan program atau aplikasi yang disebutkan.

"Ini sangat bermanfa'at bagi membantu anak-anak kita dimasa pandemik Covid-19 dan selanjutnya akan tetap kita gunakan", kata Kadisdik.

Lanjutnya, aplikasi tersebut sudah lama digunakan oleh kelas-kelas diluar kita tapi Batu Bara kita memulai dari SMP Negeri 2 Medang Deras.Ilyas berharap agar UPTD yang ada di Kabupaten Batu Bara bisa mengikuti atau melaksanakan pelatihan-pelatihan kepada intern lingkungan sekolah masing-masing.

“kita mulai dari dalam dulu, kemudian nanti secara serentak memberikan bantuan kepada anak-anak juga melalui daring" pungkasnya.Sementara Kepala UPTD SMP Negeri 2 Medang Deras Maslina S.Pd mengatakan kegiatan IHT para guru-guru cara pembuatan LKPD berbasis Mikir dan juga cara menggunakan aplikasi google class room untuk pembelajaran daring didalam sekolah.

“Kita hanya internal sekolah kita saja jadi pesertanya semuanya adalah guru-guru baik itu ASN maupun yang honor yang bertugas di UPTD SMP Negeri 2 Medang Deras" kata Maslina.

Maslina juga mengatakan, kegiatan tersebut dalam kondisi saat ini memang difokuskan untuk kegiatan pembelajaran semester ini pada masa pandemik. 

Tapi kita berharap nanti bisa kita lanjutkan terus walaupun nanti mungkin tidak pandemik lagi tapi tetap saja platform google classroom berbasis Mikir ini bisa digunakan terus walaupun sudah tidak masa pandemik lagi dan kedepannya bisa kita combain dengan pembelajaran tatap muka.

Lanjutnya, kegiatan ini terinsfirasi dari latar belakang hasil dari rembukan para team  guru disekolah dengan menganalisis dari apa yang sudah dijalankan pada semester lalu pada kegiatan pembelajaran jarak jauh yang telah dilakukan dan pihaknya sudah mengupayakan dengan maksimal.

Namun hasilnya kurang memuaskan sehingga perlu mengadakan program-program perbaikan sehingga pembelajaran jarak jauh pada semester mendatang bisa lebih baik maka perlu ada pelatihan. 

Dia berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan diluar serta lebih bersemangat dengan menghadirkan narasumber yang memang berpotensi mengusai benar materi ini, sehingga harapannya kawan-kawan guru bisa menyerap ilmu yang diberikan para narasumber.

“kemudian nanti juga bisa sharing bersama rekan-rekan lain yang nantinya juga diharapkan bisa mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari dan nantinya bisa diterapkan pada pembelajaran daring yang akan dilakukan pada semester ini,” pungkasnya. (red)


No comments

Powered by Blogger.