Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Untuk Kesehatan


SUARA DESA -

Daun sirih adalah tanaman yang tumbuh merambat dan kaya khasiat. Apalagi jika daun sirih ini direbus, muncullah sifat betlephenol, chavicol, antioksidan, fungisida, dan masih banyak lagi lainnya. 

Tak heran jika ada banyak manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan, yang bisa diandalkan untuk pengobatan. Jika membicarakan manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan, sebenarnya sudah lama ada sejak awal peradaban. 

Tepatnya digunakan oleh negara India sebagai obat alternatif sejak 400 SM. Sampai kini, semakin banyak dibudidayakan di negara Afrika, Filipina, hingga Srilanka. Di Indonesia, daun sirih kerap digunakan untuk menginang para lansia. Belum banyak yang mulai merebusnya. 

Padahal manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan ini bisa atasi diabetes, jantung, bronkitis, hingga radang tenggorokkan. Alih-alih mengonsumsi obat kimia, lebih baik konsumsi daun sirih yang bisa munculkan senyawa kimia.

Berikut di ulas manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan dari berbagai sumber, Kamis (30/7/2020).

Diabetes

Manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan ini bisa atasi masalah diabetes. Air rebusannya efektif menurunkan kadar glukosa darah. 

Terutama pada daun sirih merah yang mengandung tanin yang memiliki sifat antidiabetes. Alkaloid dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan menghambat penyerapan glukosa pada usus.

Tak hanya kedua kandungan itu, ada juga polifenol yang bisa berperan sebagai antioksidan alami. Molekul yang dimiliki daun sirih juga efektif melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan radikal bebas.

Meski begitu, daun sirih tidak bisa dijadikan satu-satunya pengobatan diabetes yang bisa dijalani. Terutama jika dokter sudah meresepkan obat diabetes. 

Pastikan sebelum mengonsumsi air rebusan daun sirih, konsultasikan dulu dengan dokter. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kerja obat yang tak akan terhalang oleh air rebusan daun sirih.

Jantung

Manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan ternyata bisa meringankan penyakit jantung. Hal ini disebabkan khasiatnya yang bisa turunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL atau lemak jahat. 

Bahkan daun sirih juga bisa diandalkan untuk mengurangi jumlah lemak total dalam darah. Bahaya dari kolesterol dan trigliserida tinggi tak hanya sebabkan penyakit jantung. Dampaknya bisa tingkatkan risiko kardiovaskular, hipertensi, dan stroke.

Nah, dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih maka kadar kolesterol baik dalam darah bisa meningkat. Jantung menjadi lebih terjaga kesehatannya karena kolestrol baik ini. 

Pastikan sebelum mengonsumsi konsultasikan dulu dengan dokter jika sudah mendapat resep obat.

Hilangkan Bau Badan

Daun sirih dikenal memiliki kandungan estradiol dan klavikula. Keduanya mampu mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat.

Jadi memang wajar jika manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan bisa bantu hilangkan bau badan. Jika tidak suka dengan rasanya yang hambar, coba saja oleskan tumbukan daun sirih pada ketiak.

Hilangkan Bau Mulut

Selain bisa mengatasi bau badan, manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan juga bisa bantu hilangkan bau mulut. Terutama pada daun sirih merah, karena mengandung eugenol dan capitol.

Keduanya memiliki sifat antiseptik yang ampuh membunuh bakteri mulut. Cobalah untuk berkumur dengan air rebusan daun sirih untuk merasakan khasiatnya.

Bagi yang tidak suka mengonsumsi air rebusannya, cobalah mengonsumsi daun sirih dengan mengunyahnya. 

Mengunyah daun sirih juga bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri mulut. Termasuk bisa mencegah gigi berlubang karena dapat melawan asam yang dihasilkan bakteri.

Batuk

Masalah batuk juga dapat diatasi dengan mengonsumsi ai rebusan daun sirih. Terutama air rebusan daun sirih merah. Manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan ini berasal dari kandungan antiseptik yang dimilikinya. Kandungan ini dapat membunuh bakteri penyebab batuk.

Selain antiseptik, air rebusan daun sirih juga mengandung vitamin B, C, dan alkaloid dapat meredakan peradangan di tenggorokan. Utamanya peradangan yang dapat menyebabkan batuk dan tenggorokan gatal.

Agar bisa merasakan manfaatnya, coba resep air rebusan daun sirih berikut ini. Siapkan 20 helai daun sirih, kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai tinggal 3/4-nya. Setelah dingin diminum dengan madu atau gula batu, sehari 3x.

Bronkitis

Masalah paru-paru seperti bronkitis juga bisa diatasi dengan manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan. Manfaat ini berasal dari sifat antiseptik yang dimilikinya.

Namun sebenarnya efek air rebusan daun sirih untuk bronkitis belum diketahui dengan pasti. Beberapa dokter juga ada yang tidak merekomendasikannya.

Jika ingin mencobanya, ikuti resep air rebusan daun sirih berikut ini. Siapkan 10 helai daun sirih yang sudah dicuci. Tambahkan gula batu kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 1 gelas. Minum sehari 3 x 1/3 gelas.

Keputihan

Manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan juga bisa membantu mengatasi keputihan. Keputihan normal dan keputihan yang abnormal. Buktinya adalah dengan banyaknya produk pembersih miss V yang menggunakan ekstrak sirih.

Zat dalam daun sirih juga bersifat sebagai antibakteri dan antijamur. Cobalah resep dengan menyiapkan 10 helai daun sirih dicuci. Kemudian direbus dengan 2.5 liter air. Hangat-hangat dipakai untuk cebok. Lakukan 2x sehari.

Pencernaan

Jika sedang dihadapkan dengan masalah yang berkaitan dengan pencernaan, cobalah air rebusan daun sirih. Manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan ini efektif atasi asam lambung. Istilah medisnya menyebut GERD.

Selain itu, air rebusan daun sirih juga bisa membantu melindungi usus dari racun dan radikal bebas berbahaya. Daun sirih bisa menormalkan kembali tingkat pH lambung untuk meredakan maag, refluks asam lambung, dan perut kembung.

Bahkan air rebusan daun sirih juga bisa meningkatkan metabolisme saluran cerna. Sekaligus membuang semua materi limbah dalam tubuh manusia. Jika tidak segan untuk mengonsumsi air rebusannya, coba kunyah daun sirihnya.
Mengunyah daun sirih bisa meningkatkan produksi air liur yang mengikat dan melembutkan makanan. Hal ini membuat proses menelan dan mengirimkan makanan ke saluran cerna lebih lancar.

Radang Tenggorokan

Manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan juga bisa bantu meredakan radang tenggorokan. Air rebusan daun sirih mengandung antioksidan yang bisa bekerja sebagai antibakteri. Ada pula zat allylpyrocatechol (APC) yang sangat baik untuk kesehatan mulut.

Namun sayangnya daun sirih ini hanya efektif mengatasi radang tenggorokan derajat ringan. Jadi, pada kasus berat atau tidak sembuh lebih dari 3 hari, segera hubungi dokter untuk pengobatan ekstra.

Selain itu, waspadai juga jika radang tenggorokan yang dialami disebabkan infeksi bakteri. Hingga menimbulkan gejala demam tinggi atau tubuh terasa nyeri. Pada kondisi ini, tubuh penderita radang tak cukup hanya mengonsumsi air rebusan daun sirih.

Resep Air Rebusan Daun Sirih ;

Batuk

20 helai daun sirih direbus dengan 3 gelas air, sampai tinggal 3/4-nya. Setelah dingin diminum dengan madu atau gula batu, sehari 3x.

Bronkhritis

10 helai daun sirih dicuci, ditambah gula batu, direbus dengan 2 gelas air samapi airnya tinggal 1 gelas. Minum sehari 3 x 1/3 gelas.

Gusi berdarah

5 helai daun sirih dicuci, direbus dengan 2 gelas air. Setelah dingin airnya dipakai untuk berkumur.

Sariawan

Cara I : 2 helai daun sirih segar dicuci, dikunyah sampai lumat dan dibiarkan beberapa saat di dalam mulut, kemudian ampasnya dibuang.

Cara II : Berkumur dengan air rebusan daun sirih beberapa kali sehari. Kalau mau, airnya pun boleh diminum.

Keputihan

10 helai daun sirih dicuci, direbus dengan 2,5 liter air. Hangat-hangat dipakai untuk cebok. Lakukan 2x sehari.

Bau mulut

5 helai daun sirih dicuci, direbus dengan 3 gelas air. Setelah dingin dipakai untuk berkumur. Lakukan sehari 3x.

Eksem

Cara I : 20 helai daun sirih dicuci, dilumatkan. Rebus dengan 3 gelas air. Saring. Hangat-hangat dipakai untuk membersihkan eksem.

Cara II : Sehelai daun sirih diremas supaya lemas, tapi tidak sampai robek-robek. Garang diatas api. Panas-panas ditempelkan di bagian yang menderita eksem.

Demam berdarah

30 helai daun sirih dicuci, direbus dengan 4 liter air. Setiap akan mandi, ambil seliter ramuan, beri air hangat secukupnya, lalu dipakai mandi. Lakukan beberapa hari.


 

 

 

 


No comments

Powered by Blogger.