Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan Tubuh


SUARA DESA -

Manfaat jus wortel untuk kesehatan sering kali dikaitkan dengan khasiatnya untuk mata. Padahal, jus wortel memiliki berbagai khasiat lainnya yang tak kalah penting. Apalagi, pengolahan menjadi jus tentunya membuat kamu lebih senang mengonsumsinya.

Membuat wortel menjadi jus dapat memberikan nutrisi yang lebih besar, sekaligus membuat tubuh lebih mudah untuk menyerap nutrisi dan antioksidan. Kamu bisa mengonsumsi jus wortel secara teratur dan tidak berlebihan untuk menjaga kesehatan.

Manfaat jus wortel untuk kesehatan dipengaruhi oleh berbagai kandungan nutrisi. Wortel merupakan sayuran kaya vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C,  vitamin E, serta vitamin K. 

Bahkan, sayuran satu ini juga mengandung antioksidan, beta karoten, kalium, serta serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut di rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/7/2020) ragam manfaat jus wortel.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat jus wortel untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin C pada jus wortel yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh ini. 

Selain itu, wortel juga mengandung antioksidan, yang membantu tubuh melawan radikal bebas, kerusakan sel, dan peradangan. Jika kamu sedang mengalami masalah pilek atau flu, konsumsilah jus wortel agar cepat pulih dan bisa kembali melanjutkan aktivitas sehari-hari. 

Hal ini sangat baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi. Tentunya kamu juga perlu mengikuti diet yang sehat, berolahraga teratur dan tidur nyenyak agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Menyehatkan Kulit

Manfaat jus wortel juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Jus wortel dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Hal ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada pada wortel.

Vitamin C penting dalam proses penyembuhan luka, karena diperlukan untuk produksi kolagen, protein utama yang ditemukan di kulit dan jaringan ikat. Sebagai antioksidan, wortel juga dapat membantu mencegah kerusakan sel di dalam tubuh.

Jika kamu memiliki riwayat masalah kulit, seperti ruam atau psoriasis, menambahkan jus wortel ke dalam menu makanan dapat meningkatkan kesehatan kulit. 

Kandungan vitamin C pada wortel membantu kulit pulih lebih cepat dari luka luar dan trauma. Beta-karoten dalam wortel juga mengurangi peradangan kulit, yang mempercepat proses penyembuhan.
 
Mengontrol Tekanan Darah dan Kolesterol

Jika kamu memiliki masalah seperti tekanan darah tinggi, minum segelas jus wortel bisa menjadi cara sederhana untuk membantu mengendalikan kondisi tersebut. Manfaat jus wortel untuk tekanan darah ini berkaitan dengan kandungan potasium.

Potasium pada wortel adalah mineral yang penting untuk membantu menangkal efek natrium, yang akhirnya turut membantu mengontrol tingkat tekanan darah. 

Mengingat jus wortel adalah sumber potasium yang besar, minuman ini menyediakan 689 miligram potasium per cangkir.

Bahkan, kandungan potassium pada wortel juga dapat menurunkan kolesterol. Potasium terbukti memiliki hubungan signifikan untuk mengurangi jumlah kolesterol di dalam tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat jus wortel juga bisa membantu kamu yang sedang menjalankan program diet atau menurunkan berat badan. Hal ini karena pada 100 gram wortel, mengandung sekitar 3 gram serat yang dapat membuat perut cukup kenyang. 

Selain itu, jus wortel juga rendah kalori namun kaya akan asupan nutrisi, sehingga kamu bisa menjadikannya menu alternatif saat ingin menurunkan berat badan.

Memperkuat Fungsi Otak

Manfaat jus wortel untuk kesehatan juga dapat memperkuat fungsi otak. Beta-karoten dalam jus wortel dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko masalah memori yang berkaitan dengan usia dan demensia. Beta-karoten pada wortel akan memperkuat fungsi otak dan meningkatkan daya ingat.

Dalam satu studi, pekerja yang terpapar timah dirawat dengan memberikannya 10 miligram beta-karoten selama periode 12 minggu. Studi ini menemukan bahwa setelah perawatan, kelompok yang menerima beta-karoten memiliki lebih sedikit stres oksidatif.

Mengurangi Risiko Kanker

Kanker berkembang saat sel-sel abnormal terbentuk dan berkembang biak dengan tidak terkendali. Karena antioksidan membantu menghentikan kerusakan sel, manfaat jus wortel dengan antioksidannya dapat menawarkan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker.

Dalam satu studi, ekstrak jus wortel yang digunakan selama 72 jam dalam pengobatan sel-sel leukemia dan sel-sel kontrol non-tumor menginduksi kematian sel dan menghentikan perkembangan penyakit. Ini menunjukkan bahwa wortel mengandung bahan kimia bioaktif yang efektif untuk mengobati leukemia.

Kehamilan yang Lebih Sehat

Manfaat jus wortel juga bisa didapatkan saat kehamilan, baik saat hamil maupun setelah kehamilan. Hal ini karena kandungan kalsium, folat, kalium, magnesium, dan tentu saja vitamin A yang melimpah. Kalsium membantu janin mengembangkan tulang dan tulang rawan yang kuat, sementara folat mencegah cacat lahir.

Vitamin C dan vitamin A dalam jus wortel juga bertindak sebagai antioksidan kuat dalam kehamilan. Vitamin-vitamin ini melindungi ibu dan janin dari radikal bebas, dan memberi dorongan sistem kekebalan yang menurunkan risiko infeksi.

Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat jus wortel selanjutnya tentu adalah untuk kesehatan mata. Hal ini mungkin sudah sangat sering kamu dengar. Hal ini berkaitan dengan jus wortel yang merupakan sumber beta-karoten yang baik, sejenis vitamin A, yang merupakan salah satu antioksidan paling kuat.

Vitamin A membantu melindungi permukaan mata dan berkontribusi untuk penglihatan yang kuat. Minum jus wortel dapat menangkal berbagai gangguan mata, seperti degenerasi makula, katarak, dan kebutaan. Wortel juga mengandung lutein, yang merupakan antioksidan yang melindungi mata dari kerusakan cahaya.

Itulah beberapa manfaat jus wortel untuk kesehatan tubuh yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa menjadikannya konsumsi harian secara teratur, namun tetap perhatikan agar tidak berlebihan.


No comments

Powered by Blogger.