Minum Air Rebusan Daun Salam Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

 
SUARA DESA -

Jika daun salam biasanya digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, kini daun salam juga bisa dijadikan obat herbal. Hal ini dipengaruhi segudang manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan. 

Mengonsumsinya sudah pasti aman, asal sesuai dengan takaran. Manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan ini berasal dari kandungan yang dimilikinya. Kaya akan mineral dan vitamin yang sangat bisa menunjang kesehatan.

Manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan ini bisa atasi berbagai jenis komplikasi parah sampai yang ringan. Mulai dari masalah batu ginjal, masalah pencernaan, hingga kecantikan. 

Namun, jangan lupa untuk tetap mengonsultasikannya dengan dokter agar lebih aman. Berikut di ulas manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan dari berbagai sumber, Senin (27/7/2020).

Pencernaan

Jika memiliki masalah pencernaan, cobalah manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan ini. Manfaatnya bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Mulai dari sembelit, diare, hingga masalah usus dan asam lambung.

Cobalah seduh daun salam kering dengan air panas, kemudian diamkan sampai airnya berubah warna. Minum secara teratur. Gangguan pencernaan seperti mulas, sembelit, dan perut kembung dapat teratasi.

Stres

Saat merasa panik, gelisah, atau lelah, cobalah hirup aromaterapi dari daun salam. Kandungan linalool dalam daun salam berguna untuk menurunkan kinerja hormon stres.

Sehingga stres yang dialami dapat sedikit terkurangi. Jika ingin lebih merasakan manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan, konsumsilah dalam bentuk seduhannya.

Rambut

Merawat rambut juga bisa mengandalakan manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan. Misalnya seperti ketombean, kulit kepala kering, bercabang, rontok, dan masih banyak lagi lainnya. Cobalah aplikasikan air rebusan daun salam pada rambut.
 
Panaskan daun salam yang dicampur minyak zaitun atau kemiri selama beberapa menit. Gunakan hot oil tersebut untuk memijat kulit kepala setiap dua hari sekali. Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

Asam Urat

Manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan bisa atasi asam urat. Alih-alih mengonsumsi ramuan herbal yang dibeli di psaran, cobalah air rebusan daun salam. 

Namun sayangnya asam urat yang sudah terlanjur parah akan sulit diatasi dengan rebusan daun salam. Manfaat ini hanya bisa diterapkan dan lebih manjur untuk pencegahannya saja. 

Kondisi dari adanya kadar asam urat yang berlebihan akan membentuk kristal monosodium urat yang akan menumpuk di dalam tubuh.

Masalah ini juga akan semakin diperparah karena adanya gangguan peradangan pada area persendian. Terutama pada sendi jari tangan, jari kaki, lutut, dan pergelangan kaki.

Caranya mudah, rebus 25 lembar daun salam dengan 500 ml air sampai airnya menyusut hingga separuh. Minum ramuan ini selagi hangat 2 kali dalam sehari. Lakukan lebih rutin dan tetap perhatikan porsi konsumsinya.

Menstruasi

Memiliki siklus menstruasi yang tidak lancar dan kerap berubah-ubah memang sangat mengganggu. Terkadang masih saja menjadi kekhawatiran dan mengganggu aktivitas harian. Cobalah manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan untuk mengatasinya.

Air rebusan daun salam ini bisa menurunkan risiko siklus menstruasi tidak lancar. Hal ini disebabkan karena kandungan zat besi yang dimilikinya. 

Kandungan ini juga bisa membantu menyeimbangkan hormon wanita. Jadi, masalah reproduksi bisa diatasi dan dicegah dengan air rebusan daun salam ini.

Bahkan, air rebusan daun salam juga bisa membantu mengatasi darah menstruasi yang menggumpal. Termasuk mengatasi kram perut dan mengatasi keputihan yang abnormal.

Batu Ginjal

Daun salam bisa bantu atasi masalah batu ginjal. Khasiat ini bisa didapat dengan mulai mengandalkan manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan.

Batu ginjal merupakan kondisi ketika ada batu pada ginjal. Batu ini muncul karena zat kapur yang menumpuk dan kurangnya konsumsi air putih. Memang biasanya harus dilakukan tindakan pembedahan, tetapi dengan air rebusan daun salam batu ini bisa perlahan dikeluarkan.

Asalkan batu ginjal yang dialami belum begitu parah, jadi masalah batu ginjal masih bisa dicegah dan diatasi lebih dini. Caranya mudah, rebus beberapa lembar daun salam hingga mendidih, kemudian minum selagi hangat sebanyak 2 kali sehari.

Diabetes

Diabetes termasuk masalah kesehatan yang cukup serius. Diabetes bisa saja menjadi parah dan menimbulkan komplikasi kesehatan yang bisa membahayakan nyawa. Nah, manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan ini bisa dijadikan solusinya.

Daun salam memiliki kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Zat ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol pada penderita diabetes.

Meski begitu, tetap saja masih ada risikonya. Daun salam bisa sebabkan hipoglikemia akibat penurunan kadar gula darah yang berlebihan. Terkadang penurunan ini juga akan lebih sulit dikontrol. Jadi, jangan lupa konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui takaran aman konsumsinya.

Jantung

Manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan bisa bantu turunkan kadar kolesterol. Jadi tidak heran jika air rebusan daun salam juga bisa bantu cegah peyakit jantung. 

Hal ini disebabkan zat polifenol yang dimiliki daun salam.  Zat ini dipercaya mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Cobalah rebus 10 lembar daun salam dengan 3 gelas air untuk disaring. Minumlah air rebusan ini dalam keadaan hangat secara rutin. 

Bahkan kandungan asam caffeic, fitonutrien, dan senyawa salisilat bisa bantu cegah stroke. Flavonoidnya bisa membantu stabilkan tekanan darah.

Berat Badan

Memiliki berat badan yang melebihi batas normal memang mengganggu penampilan. Terkadang masalah berat badan yang sampai sebabkan obesitas bisa sampai sebabkan komplikasi kesehatan.

Alih-alih berdiet dengan menurunkan asupan nutrisi harian, cobalah manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan. Air rebusan daun salam ini ampuh turunkan berat badan dengan signifikan. Dilansir Times of India, mengunyah beberapa lembar daun salam setiap hari bisa membantu meluruhkan lemak.

Sedangkan Step to Health merekomendasikan untuk merebus 1 liter air dengan 1 sendok makan kayu manis bubuk. 6 lembar daun salam dan 1 sendok makan madu murni. Minum air rebusan ini di pagi hari saat perut masih kosong.

Kanker

Manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan ternyata bisa bantu cegah kanker. Penelitian memaparkan bahwa ekstrak daun salam dapat mencegah pertumbuhan sel dan kanker lambung. Selain itu, daun salam mengandung caffeic acid, quercetin, eugenol, dan catechin.

Kandungan dalam air rebusan daun salam ini dipercaya memiliki khasiat chemo-protective yang bisa menghalau berbagai tipe kanker. Bahkan kandungan pathenolide bisa menghalau pertumbuhan sel kanker serviks.

Nyeri Sendi

Masalah peradangan dan nyeri sendi juga biasa diatasi dengan manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan. Minyak yang dihasilkan dari rebusan daun salam memiliki sifat antiperadangan. 

Jadi tidak heran jika air rebusan daun salam bisa digunakan untuk mengurangi nyeri. Terutama nyeri yang diakibatkan karena keseleo, ketegangan otot, arthritis, rematik, dan masih banyak lagi. 

Cobalah memijat kepala dengan minyak daun salam juga membantu untuk menyembuhkan sakit kepala atau migren.

Kekebalan Tubuh

Manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan bisa kuatkan sistem kekebalan tubuh pengonsumsinya. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin yang dimiliki air rebusan daun salam. Misalnya saja seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin D.

Kandungan vitamin C yang terkandung dalam air rebusan daun salam bisa membantu menangkal radikal bebas. Sehingga kekebalan tubuh atau sistem imun bisa terjaga dengan lebih baik. Tubuh kamu pun jadi tidak gampang sakit. 

Tidur Lebih Lelap

Memiliki masalah tidur seperti insomnia memang bisa menggangu aktivitas keseharian. Produktivitas juga menjadi terganggu karena stamina berkurang. Nah, manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan ini bisa dijadikan solusinya.

Air rebusan daun salam bisa membantu tidur lebih lelap. Hal ini disebabkan karena kandungan linalool dalam daun salam yang dimilikinya. Kandungan ini bisa membantu menurunkan kinerja hormon stres.

Pernapasan

Manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan selanjutnya bisa membantu mengatasi gangguan pernapasan. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan minyak esensial dari air rebusan daun salam.

Cobalah campurkan ekstrak air rebusannya ke dalam salep dan diterapkan pada dada. Cara ini bisa membantu menghangatkan saluran pernapasan yang tersumbat seperti saat sedang flu atau pilek.

Jika air rebusan kurang menghangatkan dada, cobalah tumbuk daun salam dan mengoleskannya di dada. Biarkan berada di dada selama semalam. Jika tidak ingin mengoleskannya di dada, cobalah rebus air daun salam dan dan hirup uapnya.

Menghirup uap daun salam akan membantu mencairkan dahak dan menghilangkan bakteri. Terutama bakteri berbahaya yang terperangkap di saluran pernapasan. Bisa juga untuk mulai mengonsumsinya dalam bentuk seduhan teh agar kehangatannya lebih terasa.




No comments

Powered by Blogger.