Tak Ada Sampah dan Kendaraan Bermotor di Desa Terbersih di Dunia


SUARA DESA -

Bisa tinggal di lingkungan bersih dan nyaman tentu jadi impian setiap orang. Namun, rasanya sulit menemukan tempat yang benar-benar bersih tanpa sampah, apalagi saat ini polusi udara sudah terjadi hampir di seluruh dunia.

Tapi, pemandangan berbeda akan dijumpai di Giethoorn. Desa yang terletak di Overijssel, Belanda ini dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia oleh National Geographic, tahun lalu. 

Mengutip laman Business Insider, Rabu (22/7/2020), desa ini bebas dari polusi karena memang tak ada satu pun kendaraan bermotor maupun jalan raya.

Giethoorn hanya punya kanal-kanal dan jalanan kecil untuk pejalan kaki. Karenanya, warga di Desa Griethoorn menggunakan perahu sebagai alat transportasi.

Hal itu membuat desa ini dijuluki Venesia dari Belanda, lantaran punya kesamaan dengan salah satu destinasi populer di Italia tersebut, yakni menggunakan perahu sebagai transportasi.

Karena keunikannya, banyak wisatawan yang datang berkunjung demi bisa menikmati keindahan dan keasrian Giethoorn. Pengunjung hampir tidak bisa melihat sampah di desa tersebut karena pembuangan dikelola dengan baik.

Rumah-rumah di Giethoorn dihubungkan dengan sungai. Tak ada jalan darat yang besar. Mengingat perannya sebagai jalan utama transportasi, warga setempat selalu memastikan sungai senantiasa bersih dari limbah.

Keindahan Giethoorn dan keunikan konsep pemukiman di sana membuat banyak wisatawan dari seluruh dunia penasaran untuk melihat langsung desa ini.

Sebagian besar rumah di Giethoorn dibangun di pulau-pulau kecil yang saling terpisah dan dihubungkan jembatan. Semua orang harus menggunakan perahu kecil dengan motor listrik yang tenang dan tak berisik, sehingga disebut perahu berbisik.

Kalau Anda malas naik perahu, ada 100 lebih jembatan yang bisa digunakan untuk menjelajah desa tersebut. Karena tak ada suara maupun asap kendaraan bermotor, Giethoorn termasuk desa yang bebas polusi.

Desa ini juga terlihat bak negeri dongeng dengan keindahan taman-taman bunga di pinggir kanal. Anda bisa naik perahu perlahan sambil menikmati pemandangan yang menyejukkan mata.

Desa ini sudah lama jadi tempat wisata. Maka dari itu, Anda bisa menjumpai banyak penginapan dan restoran kalau ingin tinggal lebih lama di desa terbersih di dunia ini.


No comments

Powered by Blogger.