Bupati Batu Bara, Pers Diperlukan Sebagai Pilar Penegak Penyampaian Kebenaran

SUARA DESA

Pemerintahan Kabupaten Batu Bara bersama persatuan wartawan Indonesia (PWI) Batu Bara mengelar acara sosialisasi tentang penerapan dan adaptasi kebiasaan baru pencegahan covid-19 dan pra UKW, Kamis (06/08/2020) diaula Kantor Bupati Batu Bara.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP menyampaikan sambutannya mengucapkan terima kasih kepada PWI atas kegiatan sosialisasi adaptasi kebiasan baru, sebagai perwakilan Kabupaten Batu Bara turut serta membantu penyelenggaraan acara ini.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP saat memberikan kata sambutan acara adaptasi kebiasaan baru bersama PWI.

Zahir juga menyampaikan sesuai pidato resmi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di istana merdeka pada tanggal 15 mei 2020 yang lalu, bahwa Kehidupan kita sudah pasti berubah untuk mengatasi risiko wabah Covid – 19. itu keniscayaan, banyak disebut orang sebagai new normal atau tatanan kehidupan baru.

“Kita semua pasti ingin kembali bisa bekerja, belajar, bersosialisasi maupun beraktivitas, agar dapat produktif di era pandemi covid-19 ini” kata Zahir.

Menurut  Zahir, Pada saat ini, media massa, media elektronik dalam hal pemberitaan sudah menjadi kebutuhan masyarakat yang tidak bisa di pisahkan dengan kehidupan berbangsa, bernegara yang berdemokrasi.

Bahwa, media massa pers dikenal sebagai pilar keempat demokrasi, pers semakin diperlukan sebagai, pilar penegak penyampaian kebenaran, pilar penegak fakta-fakta, pilar penegak aspirasi – aspirasi yang ada di masyarakat, terlebih di zaman sekarang banyak beredar berita palsu/hoax.

“Pers juga sangat diperlukan untuk membangun narasi kebudayaan baru, membangun narasi peradaban baru, agar informasi masyarakat bergerak semakin cepat terlebih di masa pandemi covid-19 saat ini.

“Beradaptasi dengan kebiasaan baru, yaitu disiplin hidup sehat dengan menerapkan protokol kesehatan, dengan rutin mencuci tangan pakai sabun, memakai masker saat berada di luar rumah, jaga jarak dan menghindari keramaian”, ungkap Zahir.

Sementara itu ketuaPersatuan Wartawan Indonesia (PWI) kabupaten Batu Bara Alpian mengatakan,terlaksananya kegiatan sosialisasi tentang penerapan dan adaptasi kebiasaan baru pencegahan  covid-19 dan  d pra UKW tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara.

Masih kata ketua PWI kabupaten Batu Bara, kebiasaan baru untuk hidup lebih sehat harus terus menerus dilakukan di masyarakat dan setiap individu.

“Sehingga bisa menjadi norma sosial dan norma individu yang baru dalam kehidupan sehari – hari, sebagai media dapat menyampaikan kepada masyarakat melalui publikasi dalam bentuk tulisan, “ ujar Alpian.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini Dewan Pers juga sudah melakukan langkah maju dengan aturan standar kompetensi wartawan yang ditampung dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

”PWI kabupaten Batu Bara sembariberika  apresiasikepada Bupati Batu Bara atas dukungannya, sehingga terlaksana UKW tahun lalu, Insyaallah, September 2020 akan dilaksanakan UKW di Batu Bara, “ beber Alpian.

PWI Batu Bara menghadirkan narasumber dari ketua PWI Sumut Hermansyah yang didampingi wakil ketua bidang pendidikan PWI Sumut Rizal R Surya.

Terlihat hadir dalam acara tersebut Bupati Batu Bara Zahir, Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, Kajari Batu Bara Mulyadi Sajaen diwakili Kasi Intel Kajari Batu Bara Zefri Pandapotan Simamora, Kadis Kesehatan Batu Bara drg. Wahid Kgusairy, Kadis Kominfo Batu Bara Andri Rahadian, Ketua PWI Sumatera Utara H. Hermansyah serta puluhan wartawan PWI dan Non PWI dari Media cetak, online dan televisi. (red)

No comments

Powered by Blogger.