Harlah 1 Tahun KSJ, Sedekah Menguatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Karakter


SUARA DESA -

Kalau semua lembaga siap bekerja di Batu Bara, semua dilakukan bersama-sama dan didukung oleh Komunitas Sedekah Jumat (KSJ), pasti semuanya akan maju, semua masyarakat dapat terbantu. 
Sehatlah para pendiri KSJ, sehatlah  para pembina KSJ, sehatlah para donatur KSj, KSJ tidak boleh lemah, KSJ harus kuat, karena KSJ rajin bersedekah.

Demikian dikatakan Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP saat memberikan kata sambutannya di hari lahir (Harlah) KSJ yang genap berusia satu tahun yang diadakan di halaman Kantor KSJ di jalan Lintas Sumut Komplek Perumahan Petatal Indah Permai Kecamatan Datok tanah datar Kabupaten Batubara, Sabtu, (15/08/2020).

Bupati Zahir yang juga selaku dewan pembina KSJ berharap, agar seluruh KSJ se-Sumatera utara bisa berkumpul bersilaturahmi di kabupaten Batu Bara.

Selain itu Bupati Zahir menjelaskan, bantuan pemerintah melalui dinas Sosial Pemkab Batu Bara di masa Covid-19 telah banyak menyalurkan bantuan kepada masyarakat Batu Bara. 
“Kami pak Kapolres,  selaku Pemerintah Kabupaten Batu Bara salut kepada KSJ, secara rutin dapat menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti anak yatim, orang tua jompo, warga tidak mampu dan kepada kaum Duafa,” kata Bupati Zahir.

Sementara itu Kapolres Batu Bara AKBP H Ikhwan Lubis SH MH selaku pendiri KSJ mengucapkan terimakasih kepada media yang sangat berperan membantu, sehingga besarnya KSJ di Sumatera Utara.

Menurut Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, awalnya di waktu dirinya bertugas menjadi Kapolres Belawan, berkumpul dengan beberapa orang kawan mendirikan rumah sosial, dengan berjalannya waktu terbentuklah yang namanya KSJ, sehingga sampai saat ini KSJ sudah terbentuk di 12 kabupaten kota, bahkan di luar Sumatera akan berdiri. 
”KSJ saat ini punya kantor di Jakarta,” sebut Ikhwan Lubis.

Dilanjutkannya, dalam menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 75, KSJ telah melaksanakan bermacam-macam kegiatan. 
“KSJ sudah siapkan 1000 paket sembako untuk dibagikan kepada anak yatim, kaum duafa dan warga yang membutuhkan. Perusahaan PT Inalum saat ini  sudah siap membantu 2200 paket sembako untuk dibagikan kepada orang yang membutuhkan, semoga ditahun kedua KSJ bisa meningkatkan lagi kegiatan dalam bersedekah secara ikhlas,” harapnya.

Kaitan KSJ dengan Kamtibmas cukup dirasakan, segala bentuk kejahatan di tengah-tengah masyarakat dapat diturunkan, seperti tawuran dan gangguan lainnya. 
“Kerjasama dengan Bupati Batu Bara cukub membahagiakan, Bupati selalu mengingatkan saya, menanyakan tentang kemana kita besok buat kegiatan,” ungkap Kapolres yang dermawan itu.

Ketua KSJ kabupaten Batu Bara Rizal Syahrizal SE mengatakan sangat beruntung mempunyai kawan-kawan hebat yang setia terhadap KSJ. 
“Kami dari KSJ dapat membantu masyarakat kurang mampu dan anak yatim serta kaum duafa bukan karena kami, tetapi ini berkat dan ridho Allah, sehingga banyak donatur- donatur ikut berpatisipasi dalam KSJ,” ujar Ketua KSJ BatuBara.

Diterangkannya, KSJ Batu Bara secepatnya akan membuka klinik pelayanan kesehatan masyarakat, dimana masyarakat dapat berobat secara geratis.

Sementara Ketua umum KSJ Pusat Saharuddin mengatakan, didirikan KSJ sebagai wadah bersedekah gerakan seribu anak yatim, dan sampai saat ini sudah lebih 6000 kali melakukan santunan terhadap warga nasibnya yang kurang beruntung. 
Berdirinya KSJ tanpa memandang agama, ras dan suku, KSJ dilahirkan untuk membantu dan mendukung tugas – tugas Pemerintah dengan ikhlas. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian tali asi dan sembako kepada para anak yatim dan kaum  duafa.
Hadir dalam acara Harlah KSJ, selain Kapolres Batu Bara dan Bupati Batu Bara, terlihat juga dihadiri seluruh pengurus KSJ, Ketua Umum KSJ Pusat Saharuddin, Ketua KSJ Batubara Rizal Syahrizal SE, Bendahara KSJ Batu Bara dr Guru Wahyu Nugraha, Sekretaris KSJ Batubara Arham Matondang SH, Ketua Kadin Batu Bara OK Faisal, para Kadis, OPD, para Camat, Kepala Desa dan Masyarakat. (red)


No comments

Powered by Blogger.