Hj Yunita Ashari Tambunan : Kabupaten Deli Serdang Bertekad Membesarkan Ekonomi Kreatif

SUARA DESA -
Ny Hj Yunita Ashari Tambuna ,Ketua TP PKK Deli Serdang sekaligus Ketua Dekranasda Deli Serdang menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Dekranas Tahun 2020 melalui zoom meeting, bertempat di Rumah Dinas Bupati Deli Serdang, Rabu (19/8). 

Hadir mendampingi Ketua Dekranasda, Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang Ny. Hj. Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Dharmawanita Persatuan Ny Herawati Darwin Zein, Kadis Perindag Ir. Ramlan Refis, M.Si dan pengurus Dekranasda lainnya.
Musyawarah Nasional  melalui zoom meeting tersebut di buka langsung oleh Ketua umum Dekranas Ny Hj. Wury Ma’ruf Amin, hadir juga Ketua harian Dekranas Ny. Tri Tito Karnavian. Tema dari Munas Dekranas Tahun 2020 yaitu Tema : "Segi positif pandemi covid 19 momentum percepatan digitalisasi pasar kerajinan menuju industri 4.0".
Selesai mengikuti  Munas Dekranas, Hj Yunita Ashari Tambunan mengatakan Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia terbukti melumpuhkan sebagian besar perekonomian rakyat khususnya kita di Indonesia yg tergolong negara berkembang. 
Tapi kita belajar dari krisis ekonomi Tahun 1998 dimana juga resesi melanda indonesia dan terbukti bahwa perekonomian alternatif yang paling banyak dikerjakan oleh sektor non-formal khususnya kaum ibu berhasil bertahan dan perlahan lahan berkembang.

Sehingga,kami dari Dekranasda Kab. Deli Serdang bertekad membesarkan ekonomi kreatif ini dan membentuk wadah untuk kedepannya kita lebih besar lagi dengan target global pasar ekspor.
Belajar dari keadaan di atas kita harus yakin bahwa pandemi ini adalah bentuk tantangan baru bagi kami dan kita semua untuk memhuktikan bahwa kita mampu bertahan dan lebih maju, lebih siap, dari pengalaman di tahun 1998, dan salah satu usaha kita dalam mempersiapkan diri menghadapi revoluis industri 4.0 dimana kita dituntut untuk bekerja lebih smart, efisien, efektif, cepat, dan tepat. 
Karenanya, kami dari Dekranasda Kab. Deli Serdang sudah mempersiapkan sarana untuk digitalisasi produk. marketplace Kabupaten Deli Serdang sudah dirintis sejak diresmikannya Pusat Pengembangan Produk Unggulan daerah (P3UD) pada tanggal 12 Desember 2019 dengan alamat website galerip3ud.com

Selain itu ada Mall Deli Serdang yang juga membantu kami dalam tujuan digitalisasi produk produk yg dihasilkan pengrajin kami di Deli Serdang."Lanjut Yunita Ashari Tambunan
Bentuk nyata kerja keras kami bersama sama menghadapi pendemi ini ,kami telah mencatat penjualan produk kami secara online sebagai salah satu pemenuhan protokol kesehatan dimana kita dihimbau mengurangi terjadinya kontak fisik khusunya pedagang dan pembeli sekaligus juga menjamin keberlangsungan usaha dan perekonomian rakyat kecil melalui penjualan produk produk melalui marketplace anatara lain tokopedia, shopee,bukalapak dan gojek.
Selaku Ketua Dekranasda Deli Serdang,mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya oleh semua pihak sekaligus dari pers yang telah juga sangat membantu membesarkan dan memajukan Deli Serdang tercinta ini. Marilah bersama kita bekerja keras, bekerja cerdas, menuju indonesia emas 2045."Tutup Yunita Ashari Tambunan. (red)


No comments

Powered by Blogger.