Manfaat Buah Zuriat Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui


SUARA DESA -

Salah satu manfaat buah zuriat yaitu sebagai bahan makanan yang kaya akan karbohidrat dan serat. Selain itu, manfaat buah zuriat berasal dari kandungan makronutrisi yang ada di dalamnya, seperti beraneka ragam vitamin terutama jenis vitamin B dan mineral seperti kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor.
 
Selain itu pada beberapa studi juga menyebutkan apabila terdapat manfaat buah zuriat lainnya yaitu sebagai sumber antioksidan dan antibakteri yang baik. Manfaat buah zuriat tersebut berasal dari kandungan fenol dan flavonoid yang tinggi.

Buah zuriat atau yang juga dikenal dengan buah doum memiliki nama latin Hyphaene thebaica. Buah zuriat juga cukup dikenal luas sebagai pohon palem Afrika. 

Habitat asli dari buah zuriat sendiri berada di sekitar hulu sungai Nil, Mesir. Buah zuriat memiliki bentuk bulat dengan ukuran 6x5 cm.

Warna dari buah ini yaitu kuning hingga cokelat dan memiliki rasa yang manis seperti roti jahe. Itulah mengapa tidak heran jika buah zuriat juga sering disebut sebagai buah gingerbread. 

Buah zuriat biasanya dijadikan minuman tradisional oleh masyarakat Mesir. Untuk mendapatkan manfaat buah zuriat secara maksimal, maka buah ini akan diekstrak dan diminum airnya agar kandungan antioksidannya bisa didapatkan dengan maksimal.

Di bawah ini telah merangkum berbagai manfaat buah zuriat tersebut dari berbagai sumber, Jumat (14/8/2020).

1. Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat buah zuriat yaitu untuk menurunkan kolesterol yang ada dalam tubuh. Mengutip hasil penelitian berjudul The Beneficial Dietary Hypotensive and Hypolipidaemic Effects of Hyphaene Thebaica (Doum) yang dipublikasikan oleh The Internet Journal of Alternative Medicine pada tahun 2008 lalu, menunjukkan bahwa ada penurunan yang signifikan pada kolesterol total, trigliserida, dan LDL.

Lalu ditemukan juga peningkatan HDL yang signifikan dan ada penurunan rasio LDL/HDL yang juga cukup signifikan. Hal ini akan membantu dalam mengurangi pembentukan ateroma di dinding arteri (aterosklerosis).

Sehingga mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Selain itu, penurunan konsentrasi trigliserida dalam darah juga dapat membantu menurunkan jumlah LDL.

Hasil penelitian ini akan sangat bermanfaat bagi banyak penderita penyakit koleterol, sebab sesuai dengan hasil penelitian dari National Cholesterol Education Program pada tahun 2002, yang menyarankan bahwa kadar kolesterol darah total normal seharusnya berada di tingkat <200 mg/dl, dan tingkat LDL yang disarankan harusnya kurang dari 100 mg/dL, meskipun target yang lebih baru <70 mg / dL dapat dipertimbangkan pada individu yang berisiko lebih tinggi.

2. Mencegah Dampak Radikal Bebas

Adanya kandungan antioksidan pada buah zuriat, diyakini memberi manfaat yang baik bagi tubuh dalam menghindari adanya radikal bebas. 

Beberapa kandungan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh ada di dalam buah zuriat ini, seperti flavonoid, fitokemikal, dan hidrosinemat.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah zuriat ini juga mendukung hasil dari penelitgian yang dibahas dalam poin sebelumnya. 

Sebab, antioksidan sangat baik dalam menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh dan menjaga kadar kolesterol baik tetap stabil. Hal terebut tidak lepas dari adanya senyawa yang bisa menurunkan level tigliserida di dalam tubuh.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Selain itu, konsumsi buah zuriat juga mampu mengontrol tekanan darah. Ekstrak buah zuriat akan membantu dalam menjaga tekanan darah menjadi stabil, hingga pada akhirnya dapat menhindarkan tubuh mengalami hipertensi.

Mmanfaat buah zuriat ini tidak lain karena kandungan vitamin B1, B2, dan B3 yang terdapat di dalamnya. Kandungan lain seperti kalsium, protein, dan fosfor juga tidak lepas dalam membantu peredaran darah menjadi lebih optimal.

4. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat buah zuriat selanjutnya dikutip dari The Egyptian Journal of Hospital Medicine yang diterbitkan tahun 2013 lalu. Buah zuriat merupakan jenis tumbuhan yang mengandung flavonoid. 

Kandungan senyawa flavonoid inilah yang akan memberi dampak baik bagi hati dimana berfungsi untuk mencegah berbagai pemicu kerusakan hati. Hingga akhirnya hati bisa tetap bekerja secara optimal untuk menyaring berbagai racun berbahaya yang ada di dalam tubuh.

5. Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat buah zuriat ini mungkin penting untuk diketahui para pria. Sebab, mengonsumsi buah zuriat dapat menjaga kesehatan dan kesuburan dari pria. 

Dengan kata lain, buah zuriat akan membantu dalam menjaga kualitas sperma. Itulah mengapa, tidak heran apabila buah ini selalu diburu oleh pasangan yang ingin segera mendapatkan buah hati.

6. Baik untuk Ibu Hamil

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine, buah zuriat memiliki kandungan folat yang dangat tinggi. Kandungan folat tersebut sangat baik dalam membantu proses tumbuh kembang janin.

Selain itu, kandungan asam folat juga berguna untuk mencegah timbulnya risiko kelainan saraf pada bayi dan akhirnya lahir cacat. Buah zuriat juga ternyata akan berguna untuk memperkecil risiko keguguran pada ibu hamil. 

Maka tidak heran, apabila ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi buah zuriat untuk menjaga kesehatan calon buah hatinya hingga tiba proses persalinan.

 

 

 

 

 

 



No comments

Powered by Blogger.