Bupati Zahir Mendukung Program PWI Batu Bara Menciptakan Wartawan Profesional



FOTO : Ketua PWI Batu Bara Alpian, bersama Bupati Bara Ir Zahir MAP (07/10).

SUARA DESA -   

Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP mendukung terlaksananya uji kompetensi wartawan (UKW) yang akan dilaksanakan oleh PWI Batu Bara bersama dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara.

“Saya sangat mendukung program prioritas PWI Batu Bara menciptakan wartawan yang profesional melalui UKW dan ini merupakan UKW yang kedua kalinya dilaksanakan di kabupaten Batu Bara, apa lagi di tahun ini Sumatera Utara (Sumut) hanya Batu Bara yang melaksanakan UKW dalam waktu dekat ini,“ ungkap Bupati Zahir ketika menerima pengurus PWI Batu Bara, Rabu (07/10/2020) di Lima Puluh.
 

Dia berharap, melalui UKW akan meningkatkan profesionalitas wartawan, khususnya di kabupaten Batu Bara. Selanjutnya ketua PWI Batu Bara Alpian mengatakan, UKW yang dilaksanakan di tahun 2020 ini di prioritaskan wartawan yang bertugas di Batu Bara.

Alpian sangat mengapresiasi kepedulian Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP yang telah mendukung terlaksananya UKW tahun 2020 di Batu Bara. Di katakan ketua PWI Batu Bara, di masa pandemik covid-19 yang saat ini sedang melanda dunia akan tetap memperhatikan standart protokol kesehatan yakni, mencuci tangan, memakai masker, dan menghindari kerumunan.

“Di dampingi Sekretaris M.Dian Safei, wakil ketua Sutan Sitompul dan wakil bendahara Patar Andreas Sitorus, Alpian mengajak para wartawan di Batu Bara, baik itu online, elektronik, maupun cetak untuk segera mendaftar ke sekretariat PWI Batu Bara, “ ujarnya.

Ketua PWI Batu Bara Alpian menjelaskan, banyak manfaat bagi para wartawan yang telah berkompeten, berdasarkan Peraturan Dewan Pers No 1 tahun 2010, yang di pengaruhi dengan Persatuan Dewan Pers No 4 tahun 2017 tentang sertifikat Kompetensi Wartawan menyebutkan tujuan dari SKW, diantaranya meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan, menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat dan martabat ke wartawanan sebagai profesi penghasil karya intelektual, menghindari Penyalagunaan profesi wartawan, menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers.

Ada pun persyaratan bagi calon peserta UKW, di antaranya, mengisi formulir pendaftaran UKW (formulir terlampir). Mengisi formulir data jurnalistik peserta (formulir terlampir). Melampirkan akta badan hukum perusahaan (bagi media online).

Dan menyertakan surat rekomendasi dari pimpinan redaksi yang menyatakan masih bertugas di media masing-masing, serta pas photo 3×4 enam lembar menghadap ke depan dengan menggunakan kemeja dan tidak di perkenankan menggunakan baju kaos dan penutup kepala. (Erwin)

No comments

Powered by Blogger.