Kunjungan Kerja Staff Khusus Kementerian Kesehatan Dan Peninjauan Ke RSUD Batu Bara


FOTO : Bupati Zahir bersama Staf khusus Menkes Brigjen TNI (Purn)  Dr Alexander Kaliaga Ginting Suka Sp.P.F.C.C.P. (07/10). 
 
SUARA DESA -

Bertempat di Aula Rumah Dinas Dan RSUD Batu Bara, turut di hadiri, Kadis kesehatan Batu Bara dr.WahidKhusyairi, Staf Khusus Menkes Bidang Pembangunan dan Pembiayaan kesehatan Brigjen TNI (Purn) Dr Alexander Kaliaga Ginting Suka Sp.P.F.C.C.P. Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP, Kadis Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dr Alwi Mujahit Hasibuan MKes, Direktur RSUD Batu Bara dr Guruh Wahyu Nugroho, serta Pimpinan OPD.
 
Bupati Batu Bara Ir. Zahir dalam sambutannya mengucapkan, selamat datang di kabupaten Batu Bara dan berterima kasih kepada staff khusus Kemenkes dan Kadis kesehatan Pemprovsu beserta jajarannya, yang telah datang dan memperhatikan masyarakat Batu Bara khususnya dibidang kesehatan, terlebih di masa wabah pandemic covid-19. 
 
“Ada dua upaya yang sedang dan telah dilakukan oleh Pemkab Batu Bara dalam menghadapi pandemik covid-19 di berbagai aspek, diantaranya aspek kesehatan, social, dan ekonomi. Dalam aspek kesehatan dengan melakukan upaya dan perlindungan kesehatan, seperti pembagian masker, handsanitizier, sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat dan yang baru ini telah mendatangkan mobil PCR, “ ungkapnya.
 
Di katakan Bupati, ada aspek social telah dilakukan program Sosial Safet Net (Bantuan Sosial Kepada Masyarakat Terdampak Covid-19). Dan aspek ekonomi dengan melakukan penguatan ketahanan pangan melalui pemberian stimulus terhadap sector pertanian, peternakan, perikanan, kelatuan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta Industri Kecil Menengah (IKM). 
 
“Sesuai dengan instruksi PRESIDEN No. 6 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam pencegahan dan Pengendalian Virus Corona, “ ujar BupatiZahir.
 
Sementara itu sambutanKepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) kabupaten Batu Bara dr. Wahid mengatakan, kunjungan Staff Khusus Kemenkes merupakan suatu kehormatan bagi kami Pemkab Batu Bara khususnya Dinas Kesehatan, Rabu (07/10)2020).
 
“Penyebaram covid-19 di kabupaten Batu Bara terbilang masih rendah. Kami dinas kesehatan telah berupaya menyiapkan pencegahan dan pengobatan dalam penanganan virus corona, guna untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Seperti menyediakan UPT Puskesmas di tiap kecamatan, peningkatan tenaga ahli medis dan melengkapi peralatan medis baik di puskesmas hingga RSUD, “ sebutnya.
 
SelanjutnyaStaff Khusus  Brigjen TNI (Purn) Dr. ALEXANDER dalam sambutannya menyebutkan, senada dengan penyambutan Bapak Bupati dan Kepala Dinas Kesehatan Batu Bara, kami hadir disini karena ini salah satu bentuk kepedulian kemenkes di daerah – daerah kabupaten dan kota khususnyta Batu Bara, untuk kabulaten Batu Bara termasuk kabupaten yang di perhatikan khusus oleh pemerintahan pusat karena akan banyak diadakan proyek strategis nasional disini. 
 
“Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona sebenarnya sangat mudah, tetapi harus disiplin dan mempunyai niat yang sungguh – sungguh untuk menghindari virus corona ini dengan cara tetap menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak di keramaian). Untuk obat – obatan virus corona sudah banyak tersedia, untuk itu Pemkab harus berkoordinasikan dengan pemerintahan pusat, “ terangnya.
 
Setelah acara di rumah dinas Bupati, Staff Khusus Kemenkes beserta jajaran di damping Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD langsung meninjau lokasi RSUD Batu Bara. 
 
Dalam tinjauan ini, staff Khusus Kemenkes memaparkan bahwa RSUD Batu Bara  telah memenuhi syarat sebagai rumah sakit rujukan pasien covid – 19 dan sebagai rujukan rumah sakit penyakit lain.   (Erwin)

No comments

Powered by Blogger.