Manfaat Air Rebusan Daun Pandan, Dapat Redakan Demam


FOTO : Ilustrasi Daun Pandan (19/10).

 
SUARA DESA -
 
Selain memiliki aroma khas yang menenangkan, daun ini pun kerap dipakai sebagai penyedap masakan. Bahkan ada segudang manfaat air rebusan daun pandan yang patut diperhatikan. 
 
Mulai dari redakan demam, kontrol gula darah, tingkatkan stamina, dan masih banyak lagi lainnya. Manfaat air rebusan daun pandan ini berasal dari senyawa yang dimilikinya. Mulai dari polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, dan alkaloid. 
 
Memiliki sifat antioksidan dan antihiperglikemik. Termasuk memiliki efek sitotoksik, antimiotik, antiproliferatif, dan apoptosis. Untuk bisa merasakan manfaat air rebusan daun pandan, bisa dikonsumsi dengan menyeduhnya. Seduhlah menjadi teh hangat. 
 
Agar rasanya lebih nikmat, bisa ditambah lemon, madu, atau teh hijau. Air rebusan daun pandan ini akan menenangkan dan merelaksasi tubuh secara alami ketika dikonsumsi.
 
Berikut di ulas manfaat air rebusan daun pandan dari berbagai sumber, Senin (19/10/2020).

Meningkatkan Stamina

Memiliki stamina tubuh yang baik adalah kunci produktivitas maksimal. Manfaat air rebusan daun pandan bisa membantu meningkatkan stamina. Menjaga agar tubuh selalu fit dan betenaga sepanjang hari.

Cara membuatnya, cukup rebus hingga mendidih lima lembar daun pandan ke dalam tiga gelas air. Setelah mendidih, angkat dan tunggu hingga dingin. Setelah itu tambahkan air lemon, lalu minumsetiap dua hari sekali.

Diabetes

Diabetes memang sulit dikendalikan selain memerhatikan pola makan. Manfaat air rebusan daun pandan bisa membantu mengontrol gula darah tetap normal. Air rebusan daun pandan ini bisa dijadikan sebagai pengganti gulanya.

Air rebusan daun pandan akan membuat rasa minuman lebih segar dan gurih. Jika dikonsumsi dalam keadaan hangat, dapat membuat kondisi perut lebih baik. Selain mengonsumsinya, hindari juga pantangan bagi penderita diabetes agar gula darah dapat terkontrol dengan maksimal.

Meredakan Demam

Diserang demam memang cukup mengkhawatirkan. Apalagi demam termasuk gejala tubuh sedang melawan infeksi. Akan ada peningkatan suhu tubuh dan bikin enggak nyaman. Jika mengalami, cobalah manfaat air rebusan daun pandan untuk meredakan demam.

Siapkan daun pandan yang masih segar dan rebus daun panda, lalu minum air rebusannya. Setelah itu, panas tubuh akan turun secara perlahan dan menenangkan. Konsumsi secukupnya dan nikmati seperti ketika mengonsumsi teh hangat pada umumnya.

Mengurangi Rasa Nyeri

Nyeri bisa terjadi di bagian tubuh mana saja. Mulai dari kepala, lengan, badan, dan lain sebagainya. Kondisi ini biasanya akan terjadi ketika tubuh sedang sangat kelelahan.

Alih-alih mengonsumsi teh, coba andalkan manfaat air rebusan daun pandan. Air rebusan daun pandan pun tak hanya menghangatkan, tetapi mampu mengurangi rasa nyerinya. Manfaat ini dipengaruhi oleh sifat analgetik yang dimiliki daun pandan.

Cocok dipakai untuk meredakan sakit kepala, arthritis, nyeri dada, hingga kram perut. Coba olah daun pandan menjadi teh dan mulai konsumsi secara rutin, paling tidak dua kali sehari. Agar hasilnya bisa maksimal, hindari juga penyebab rasa nyerinya.

Menormalkan Tekanan Darah

Tekanan darah memang sulit dinormalkan. Apalagi bagi yang tak rutin olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi. Alih-alih mengonsumsi suplemen, lebih baik andalkan manfaat air rebusan daun pandan. Air rebusan daun pandan mampu menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Menurut penelitian, ekstrak daun pandan dapat mengurangi gula darah. Secara umum, daun pandan memiliki potensi sebagai sumber alami antihiperglikemik. Rebus daun pandan dengan dua gelas air dan tunggulah air rebusan tinggal setengahnya. Minum air ini setiap pagi dan sore hari hingga tekanan darah kembali normal.

Detoksifikasi

Manfaat air rebusan daun pandan mampu menetralkan racun dalam tubuh. Air rebusan ini bisa dikonsumsi seperti teh atau jus. Mengonsumsinya sama-sama bisa membantu menguras kotoran yang menumpuk dalam tubuh.

Air rebusan daun pandan ini sangat efektif mendetoksifikasi organ hati manusia. Manfaat ini berasal dari antioksidan yang dimiliki daun pandan. Jika ingin rasa yang lebih nikmat, bisa tambahkan dengan air perasan lemon atau teh hijau.

Insomnia

Memperbaiki kualitas tidur tak hanya dengan mengurangi kebiasaan buruk. Cobalah konsumsi minuman yang dapat merelaksasi tubuh dan pikiran. Seperti yang bisa didapat dari manfaat air rebusan daun pandan.

Air rebusan daun pandan cocok dikonsumsi penderita insomnia. Mengonsumsinya bisa menenangkan, mudah tidur, dan nyenyak. Seduh daun pandan dengan air panas. Campurkan dengan satu sendok teh madu, lalu konsumsi selagi masih hangat.

Meningkatkan Nafsu Makan

Menjaga berat badan agar tetap ideal juga harus cukup nutrisi. Bagi yang memiliki berat badan kurang, cobalah manfaat air rebusan daun pandan. Air rebusan daun pandan ini bisa membantu meningkatkan nafsu makan.

Air rebusan daun pandan ini bisa dikonsumsi seperti teh. Konsumsi paling tidak dua kali sehari untuk meningkatkan nafsu makan. Air rebusan ini pun cocok sekali dikonsumsi bagi yang sedang menjalani masa pemulihan. Tentu saja agar berat badan kembali normal.

Meredakan Sakit Rematik

Dihadapkan dengan masalah rematik memang tak menyenangkan sama sekali. Harus merasakan nyeri tubuh sepanjang hari. Bagi yang bosan mengonsumsi obat, bisa mulai mengandalkan manfaat air rebusan daun pandan.

Meski begitu, tetap perhatikan pantangan penyakit rematik juga. Lalu konsultasikan dengan dokter jika rematik yang diderita sudah sangat akut. Sebab air rebusan daun pandan ini tak bisa menyembuhkan secara total. Tentu saja hanya bisa membantu meredakan sakitnya saja sementara.

Rebus daun pandan segar dengan minyak kelapa, lalu diaduk sampai rata. Setelah dingin, gunakan olahan daun pandan untuk dioleskan bagian tubuh rematik. Rasa nyeri, kaku, bengkak pada sendi akan dapat segera diatasi.

Menurunkan Risiko Kanker

Kanker termasuk salah satu pembunuh nomor satu di dunia. Apalagi penyakit kanker ini sulit dideteksi lebih dini. Untuk bisa menurunkan risikonya, andalkan manfaat air rebusan daun pandan.

Menurut penelitian daun pandan memiliki efek sitotoksik, antimiotik, antiproliferatif, dan apoptosis. Kandungan ini dipercaya cocok dipakai untuk terapi kanker. Untuk bisa merasakan manfaatnya, konsumsi air rebusan daun pandan seperti mengonsumsi teh.

Paling tidak konsumsinya dua kali sehari untuk menangkal efek racun dan mengambat perkembangan kanker. Meski begitu, tetap perhatikan pola makan dan terapkan gaya hidup sehat yang lain. Konsultasikan dengan dokter untuk lebih memerhatikan perkembangan sel kanker yang dimiliki.

Mencegah Gangguan Stres

Banyak orang yang mengeluhkan padatnya kegiatan. Begitu juga banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Kondisi seperti ini jelas akan memicu stres dan berbagai masalah penyakit berbahaya.

Cobalah konsumsi manfaat air rebusan daun pandan untuk mencegah stres. Air rebusan daun pandan ini bisa dikonsumsi seperti teh. Agar rasanya lebih nikmat, bisa menambahkan perasan jeruk lemon atau madu.

Kandungan daun pandan memiliki efek penenang. Jadi efektif mengurangi kecemasan dan stres. Secara tidak langsung, efektif pula mencegah gangguan depresi. Jadi jangan sungkan untuk mulai mengandalkan manfaat air rebusan daun pandan ini.

 
 
 
 
 
 
 
 

No comments

Powered by Blogger.