Manfaat Biji Durian Untuk Kesehatan


FOTO : Ilustrasi Buah Durian.
 
SUARA DESA -
 
Durian merupakan salah satu jenis buah dengan bau cukup menyengat namun rasa yang nikmat. Mungkin beberapa dari Anda ada yang gemar dan ada yang mendekat untuk mencium aromanya saja tidak tahan.
 
Terlepas dari itu semua, saat musim durian datang banyak para penggemar buah ini berbondong-bondong mencari penjaja durian. Baik di pinggir jalan hingga ke pelosok daerah yang dikenal dengan penghasil buah berduri tajam ini.
 
Sayangnya, tingginya konsumsi durian tersebut sejalan dengan bertambahnya limbah biji durian yang terbuang begitu saja. Padahal, banyak manfaat biji durian yang bisa dirasakan dampaknya, terutama bagi kesehatan tubuh.
 
Hasil studi mengenai manfaat biji durian ini bahkan sudah diterbitkan oleh International Journal of Pharmacological and Pharmaceutical Science, yang menyatakan bahwa biji durian mengandung nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh.
 
Nah, untuk membahas lebih dalam mengenai apa saja manfaat biji durian, maka berikut ini telah merangkumnya dari berbagai sumber, Jumat (23/10/2020).
 
1. Cegah Hipertensi

Manfaat biji durian yang pertama mampu mencegah hipertensi. Manfaat biji durian ini tidak lain karena kandungan kalium yang terkandungnya, dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Itulah mengapa, biji durian sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang memiliki penyakit darah tinggi.

2. Sumber Energi

Kemudian, manfaat biji durian juga dipercaya sebagai sumber energi bagi tubuh. Sebab, di dalam biji durian terdaapt kandungan sari pati yang tinggi. Senyawa tersebut merupakan sumber energi tinggi dan bisa membuat perut lebih lama terisi daripada jenis karbohidrat lain. 

Maka dari itu, dengan kandungan sari pati yang tinggi di dalam biji durian, menurut beberapa ahli menyatakan jika manfaat biji durian bisa dijadikan sebagai pengganti makanan karena kemampuannya men-supply kebutuhan energi seseorang.
 
3. Jaga Kesehatan Gigi

Kandungan nutrisi seperti kalium, kalsium, serta vitamin B pada biji durian, bermanfaat untuk mencegah dan melindungi gigi dari berbagai macam penyakit. Namun tentunya perlu diimbangi dengan perawatan gigi yang tepat seperti sikat gigi secara teratur dan hindari konsumsi makanan manis berlebihan.

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat biji durian yang tidak kalah penting yaitu mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini tentu sangat penting, mengingat perubahan cuaca yang sering terjadi daapt mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit.

Untuk mengatasi menghindari hal tersebut ini, mengonsumsi biji durian bisa menjadi solusi. Sebab kandungan vitamin C di dalam biji durian sangat tinggi dan efektif untuk melindungi sistem kekebalan tubuh dari beragam penyakit.
5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat biji durian selanjutnya mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Sindrom koroner akut atau serangan jantung adalah jenis penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia. Penyakit tersebut disebabkan otot jantung tidak mendapat aliran darah.

Itulah mengapa, untuk mencegah terjadinya serangan jantung, ada baiknya sejak dini melakukan upaya pencegahan dengan mengonsumsi biji durian secara teratur. Sebab, di dalam biji durian terdapat kandungan antioksidan yang mampu mencegah penyakit jantung.
 
6. Menjaga Sistem Pencernaan

Di dalam biji durian terdapat kandungan serat yang sangat tinggi. Tingginya serat tersebut berfungsi efektif mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin B1 pada biji durian juga dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan, sehingga akan menguatkan pencernaan di dalam tubuh.
 
7. Memperkuat Otot

Di dalam biji durian juga terdapat kandungan protein yang baik untuk memelihara kesehatan otot. Adanya kandungan protein tersebut bisa membantu tubuh dalam mengikat kelebihan lemak, sehingga otot akan lebih kuat dan berenergi.

8. Mengandung Minyak Esensial

Kemudian, manfaat biji durian juga berasal dari kandungan lemak di dalamnya. Bahkan, kandungan lemak yang ada di dalam biji durian ini sama baiknya dengan minyak ikan. Itulah mengapa, menurut pada ahli kandungan lemak yang ada di dalam biji durian tersebut sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita penyakit kolesterol.
 
9. Mencegah Radikal bebas

Dengan kandungan vitamin seperti jenis vitamin C di dalamnya, biji buah durian sangat berguna untuk melawan radikal bebas yang ada dalam tubuh. Sifat antioksidan di dalamnya berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan sel yang bisa berbahaya bagi tubuh.

10. Bahan Pengganti Tepung Terigu

Manfaat biji durian juga bisa dijadikan sebagai tepung. Tepung dari biji durian ini dapat menggantikan tepung terigu yang biasa digunakan dalam pembuatan bahan makanan. Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan oleh Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, substitusi tepung terigu dengan tepung biji durian sampai dengan 25%, memiliki karakteristik organoleptik (rasa, warna, dan aroma) yang sama dengan biskuit berbahan dasar tepung terigu.

Meski begitu, masih diperlukan penambahan dari bahan pangan lainnya untuk memperbaiki tekstur dan meningkatkan kandungan protein agar sesuai dengan SNI biskuit.
 
11. Sumber Makanan Tambahan Balita Underweight

Dengan pengolahan biji durian menjadi tepung, maka sangat baik bagi balita underweight (berat badan kurang). Masih berdasar penelitian yang dilakukan Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, menyatakan bahwa tepung biji durian termasuk bahan makanan yang tinggi protein, sehingga baik untuk digunakan dalam bahan makanan seperti produk biskuit yang berfungsi sebagai makanan tambahan balita underweight. 

12. Sebagai Camilan

Lalu manfaat biji durian juga berguna sebagai bahan dasar camilan. Manfaatnya tidak hanya bagi tubuh, namun juga bagi lingkungan. Sebab, dengan mengolah biji durian menjadi camilan, maka berguna mengurangi limbah biji durian. 
 
Untuk membuat camilan dari biji durian ini sangat mudah dan biayanya sedikit, serta memiliki nilai ekonomis tinggi apabila dijual. Maka dari itu, dengan memanfaatkan biji durian sebaik mungkin, selain baik bagi tubuh juga bisa membantu dalam mengurangi limbah biji durian di lingkungan.
 
 
Editor : Diko
 
 
 
 
 

No comments

Powered by Blogger.