Bupati Batu Bara Buka Konferensi PGRI Ke-XXII THN 2020, Ilyas S Sitorus Terpilih Secara Aklamasi Ketua PGRI Priode 2020-2025

 
FOTO : Kegiatan Konferensi PGRI ke -XXII Kab Batu Bara THN 2020, Kadisdik Ilyas Sitorus terpilih secara aklamasi, (17/11)
 
SUARA DESA -

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir. M. AP membuka Konferensi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke- XXII tingkat kabupaten Batu Bara tahun 2020 berlangsung di Aula Dinas Pendidikan kabupaten Batu Bara, Desa Perupuk kecamatan Lima Puluh Pesisir, Selasa (17/11/2020).
 
Dalam kesempatan itu Bupati Batu Bara dalam sambutannya yang di sampaikan Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setdakab Batu Bara Rusian Heri,menyambut baik dilaksanakannya Konferensi PGRitingkat kabupaten Batu Bara tahun 2020, dan sekaligus juga merasa bangga karena berada di tengah-tengah para pahlawan tanpa tanda jasa, para pendidik serta cendikiawan pendidikan.
 
Menurutnya, PGRi merupakan sebuah lembaga yang hebat, taat aturan dan PGRiharus selalu membangun kekuatan dan kebersamaan untuk mampu mewujudkan guru profesional, sejahtera dan bermartabat demi peningkatan mutu pendidikan dan mencerdakankehidupan bangsa.
 
“Sejatinya Konferensi PGRI merupakan kesempatan yang baik bagi seluruh pengurus dan anggota PGRI untuk melakukan evaluasi kegiatan organisasi yang sudah di lakukan selama lima tahun. Suksesnya pembangunan pendidikan di kabupaten Batu Bara tidak lepas dari kerja keras PGRI yang berjuang dengan gigih, bahu membahu demi kemajuan kabupaten Batu Bara, “ ujarnya.
 
Lanjutnya, Konferensi PGRI ini juga di harapkan akan mampu melahirkan kepengurusan baru yang dapat menghantarkan organisasi ini sebagai organisasi Profesi yang moderen dan sekaligus menempatkan organisasi PGRI sebagai mitra pemerintah dalam meningkatkan dan memajukan pendidikan di kabupaten Batu Bara.
 
Kita sadar bahwa saat ini merupakan masa sulit bagi pengembangan pendidikan di mana kita masih di Landa Pandemi Covid-19 yang mengharuskan para peserta didik harus melaksanakan pembelajaran dari rumah atau pembelajaran jarak jauh.
 
“Namun kita berharap dengan adanya Pandemi ini tidak menyurutkan semangat para pendidik untuk tetap berkarya mencapai metode pembelajaran yang terbaik bagi peserta didik, semoga Pandemi Covid-19 ini bisa berakhir sehingga proses pembelajaran tatap muka dapat terlaksana kembali, “ pungkasnya.
 
Sebelumnya laporan ketua pelaksana Konferensi PGRI tingkat kabupaten Batu Bara THN 2020 oleh Surya Darma.M.Pdmenyampaikan, ada pun tujuan di laksanakan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen guru dan pemangku kepentingan pendidikan dalam upaya mengimplementasikan demokrasi dalam Konfrensi, memupuk persaudaraan dan kebersamaan sesama guru di kabupaten Batu Bara, memperkuat semangat dan dedikasi guru melalui organisasi guru Profesional PGRI dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermutu, memperkuat organisasi melalui terbentuknya kepengurusan baru yang di harap dapat lebih menggerakkan organisasi kearahpeningkatan kinerja dan kesejahteraan guru dan mendorong kepedulian pemerintah daerah serta masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru organisasi PGRI dalam membangun pendidikan karakter bangsa yang cerdas, kompetitif dan bermartabat.
 
Rangkaian kegiatan Konferensi kabulaten Batu Bara di mulai dengan sidang Pleno pertanggung jawaban sidang Pleno pemilihan pengurus sidang Pleno penetapan Rencana Kerja 5 Tahun ke depan 2020-2025.
 
Selanjutnya Wakil Karya DPRD kabupaten Batu Bara Ismar Khomridalam sambutannya menyapaikan, Konferensi PGRI ini salah satu cara dalam mendidik dan memajukan anak bangsa kedepannya dan di harapkan ketua terpilih nantinya dapat menjadi pelindung para guru-guru khususnya di kabupaten Batu Bara.
 
“Konferensi ini di harapkan, akan mampu melahirkan dan menghantarkan organisasi ini sebagai organisasi Profesi yang moderen, sekaligus menempatkan organisasi PGRI sebagai Mitra Pemerintah dalam meningkatkan dan memajukan pendidikan di kabupaten Batu Bara ini, “ harapnya.
 
Lebih lanjut di sampaikan Ketua PGRI Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Abdul Rahman Siregar, berharap pada kepengurusan yang terpilih nanti, ada tiga hal utama yang harus di lakukan yakni, tingkatkan kepuasan dan rasa kebersamaan antar guru terhadap PGRI dalam hal perlindungan, jaminan kebutuhan dan peningkatan kompetensi.
 
Menurut Ketua PGRI Provsu, bahwa organisasi ini merupakan tempat bernaungnya para guru dan pendidik, mulai dari tingkat TK / PAUD hingga Tingkat atas.
 
“Oleh karena itu PGRI di harapkan dapat menjadi Pioner dalam melaksanakan minat dan mutu pendidikan di kabupaten Batu Bara, “ ujarnya.
 
Ketua PGRI Provsu juga mengajak semua guru di Batu Bara untuk selalu kompak satu sama lainnya, jangan sampai terpecah belah, apa lagi terkotak-kotak karena hal tersebut dapat menghambat program kerja PGRI dan akhirnya bisa menghambat proses belajar mengajar.
 
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kabupaten Batu Bara Ilyas S.Sitorus. SE.M.Pd yang juga Ketua PGRI masa bakti 2020-2025 yang terpilih secara aklamasi mengucapkan terima kasih karena Konferensi PGRI ini tetap mengutamakan Protokol Kesehatan. 
 
Ia juga mengingatkan bahwa mimpi PGRI semenjak kelahirannya adalah mempertahankan NKRI, memajukan pendidikan, memuliahkanguru, dan menolong kesulitan guru, mimpi yang sangat luar biasa ini harus menjadi mendset pengurus.
 
“Nceklisafaan akrab Ketua PGRI yang baru masa bakti 2020-2025 ini juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus yang lama yang telah banyak berbuat baik untuk kemajuan pendidikan di kabupaten Batu Bara tanah bertuah ini, “ ucapnya.
 
Ketua terpilih secara aklamasi ini mengutip ucapan Mendiknas Mas Nadiem Makarim bahwa kita memasuki era di mana kompetensi, kelulusan tidak menjamin kesiapan berkarya, akreditas tidak menjamin mutu, pesan Mendiknas mengisyaratkan akan ada perubahan kebijakan di masa depan.
 
“Oleh karenanya, mari sejak sekarang kita tingkatkan kualitas karakter, dasar dan komptensianak didik kita agar memiliki kemampuan bisa memecahkan masalahnya, “ tandasnya. 
 
Sementara itu, sesuai hasil Konferensi ke XXII tersebut yang mana seluruh peserta sepakat hanya mengajukan satu paket maka terpilih secara aklamasi menjadi ketua PGRI kabupaten Batu Bara Priode 2020-2025 yakni Ilyas S. Sitorus. SE.M.Pd sebagai ketua di dampingi dua wakilnya yakni Surya Darma. M.Pd dan Drs.Basaruddin. M.SI sebagai Sekretaris dan wakil Sekretaris Drs. DarwinsonTumanggor.M.SI, Tobok L. Situmorang. S.Pd.M.Pd, serta Bendahara dan wakil bendahara Drs.Frans H. Rajagukguk. M.M, serta di bantu 14 Biro.
 
Kegiatan ini berakhir dengan pelentikanpengurus PGRI kabupaten Batu Bata Priode 2020-2025 oleh ketua PGRI Sumut yang di tanda tangani dengan pengambilan sumpah, penyerahan bendera PGRI serta penandatanganan berita acara (BA) pelantikan yang disaksikan seluruh pengurus PGRI kecamatan se-kabupaten Batu Bara serta jajaran pengurus PGRI Sumut dan undangan lainnya.
 
Kegiatan Konferensi Ke-XXII PGRI kabupaten Batu Bara tahun 2020 turut di hadiri, Bupati Batu Bara di wakili Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setdakab Batu Bara Rusian Heri, Wakil Ketua DPRD yang juga politisi Partai Golkar Ismar Khomri, Ketua PGRI Provsu Abdul Rahman Siregar, Kepala Kemenag  Batu Bara di wakili Syahri Mauliddin, Kordinator Pengawas, Kordinator Wilayah, Perwakilan kepsek UPTD SD, SMP, SMA / SMK serta para Ketua PGRI se-kabupaten Batu Bara. 
 
Reporter : Erwin
Editor : Diko

 

No comments

Powered by Blogger.